fbpx

18 Aplikasi Cek Grammar Online, Cek Sebelum Submit!

cek grammar online

Bagi para dosen yang ingin melakukan publikasi jurnal internasional, sudah tentu butuh cek grammar online. Kenapa? Sebab artikel ilmiah yang disusun tidak ditulis dengan bahasa Indonesia melainkan dengan bahasa yang diakui PBB. 

Saat ini ada enam bahasa yang diakui PBB yaitu bahasa Inggris, Rusia, Arab, Tiongkok, Perancis, dan juga Spanyol. Mayoritas dosen, mahasiswa, dan peneliti dari Indonesia memilih bahasa Inggris sehingga perlu di cek grammar untuk memastikan susunan sudah benar. 

Pilihan Aplikasi Cek Grammar Online 

Aplikasi cek grammar online adalah tool yang memungkinkan Anda untuk membenahi struktur bahasa Inggris secara online. Ada yang berbentuk aplikasi mobile, ada yang berbentuk situs, dan ada juga yang tersedia dalam dua versi tersebut. 

Keberadaan aplikasi ini tentu menjadi angin segar bagi para dosen untuk memudahkan pengecekan  struktur karya tulis dalam bahasa Inggris. Sehingga bisa dipastikan sudah baik dan benar agar mudah dipahami oleh pembaca tanpa resiko menjadi tidak jelas. 

Berikut cek tools cek grammar online:

1. Grammarly

Siapa yang tak kenal dengan Grammarly? Situs resminya di https://www.grammarly.com/ memang menjadi pelopor jasa pengecekan grammar. Selain itu hasil pengecekan akurat dan tersedia rekomendasi pilihan kata lebih baik. 

Disini bisa digunakan para dosen yang aktif menulis artikel berbahasa asing sekaligus yang bertugas sebagai reviewer lewat akun editor. Selain bisa mengakses layanannya secara gratis, tersedia juga versi berbayar. Biaya langganan dimulai dari $12 per bulan. 

Biaya untuk upgrade ke akun premium di platform ini memang terbilang lumayan. Namun sebanding dengan fitur yang tersedia. Apalagi, Grammarly juga hadir dalam bentuk ekstensi yang bisa dipasang di browser Anda dan Ms Word. Sehingga sambil mengetik, bisa sekaligus mengecek grammar langsung. 

Anda mau publikasi di jurnal terindeks Scopus? Pelajari dulu:

2. Paperrater

Jika Anda butuh aplikasi cek grammar online yang bisa langsung dipakai tanpa perlu diinstal. Maka bisa memakai platform Paperrater di laman https://www.paperrater.com/

Platform ini bisa diakses di browser apapun di perangkat Anda dan menyediakan layanan cek grammar, cek plagiarisme, sampa proofreading. Pengguna bisa memakai layanan secara gratis maupun berbayar. 

Jika berniat upgrade ke akun premium maka ada biaya sebesar $348 per bulan yang perlu dibayarkan. Biaya ini memberi kemudahan untuk mengakses lebih banyak fitur. Termasuk mengecek sampai ribuan kata dalam satu kali pengecekan. 

3. Hemingway

Rekomendasi aplikasi cek grammar online ketiga adalah Hemingway, situs resminya ada di https://hemingwayapp.com/. Nama situs ini diketahui diambil dari nama novelis terkemuka asal Amerika, yakni Ernest Hemingway. 

Sesuai asal nama, aplikasi ini diharapkan bisa membantu para penulis menyusun karya tulis yang enak dibaca, indah, dan mudah dipahami pembaca. Hasil pengecekan akan diberi warna berbeda dan disediakan fitur rekomendasi susunan kata yang lebih baik. 

Disini pengguna bisa memilih ingin memakai versi gratis atau berbayar. Versi berbayar tentu memberi fitur lebih beragam dibanding versi gratis. Sebelum berlangganan memakai jasanya dulu untuk menilai fitur gratisnya cukup atau tidak.  

4. After The Deadline

Jika Anda membutuhkan jasa cek grammar online yang benar-benar gratis dan untuk kebutuhan personal. Maka dijamin akan cocok dengan layanan yang disediakan After The Deadline, situs resminya di laman https://www.afterthedeadline.com/

Situs ini menyediakan layanan pengecekan grammar, ejaan, dan pengecekan grammar untuk kebutuhan profesional. Lewat situs ini para pengguna dimudahkan untuk menyusun karya tulis bebas kesalahan grammar hanya bermodalkan kuota. 

5. Ginger Grammar Checker

Anda juga bisa mencoba menggunakan Ginger Grammar Checker, laman resminya di https://www.gingersoftware.com/. Fungsi utama aplikasi ini adalah mirip dengan Grammarly. Namun selain mengecek grammar juga melakukan parafrase. 

Layanan yang tersedia mencakup banyak fitur dan ada versi gratis. Jika fitur di akun gratis kurang mendukung, Anda bisa upgrade ke akun premium dengan biaya bulanan dan tahunan. Dimulai dari $4,99 per bulan atau $120 per 2 tahun. 

6. WhiteSmoke

Rekomendasi berikutnya adalah WhiteSmoke dengan situs resminya di https://www.whitesmoke.com/. Aplikasi ini menyediakan fasilitas pengecekan grammar sekaligus penerjemah online yang bisa digunakan di banyak browser. 

Tersedia versi gratis maupun berbayar dengan biaya 59,95 USD/tahun, 79,95 USD/tahun, 137,95 USD/tahun. Fitur yang bisa didapatkan jika berlangganan antara lain: 

  1. Grammar dan Spelling checker
  2. Cek plagiarisme
  3. Tersedia ekstensi untuk Safari, Chrome, Firefox bahkan Opera
  4. Tersedia aplikasi untuk mobile dan juga desktop
  5. Menerjemahkan teks. 

7. Language Tool

Pilihan selanjutnya dari aplikasi cek grammar online adalah Language Tools. Laman resminya ada di https://languagetool.org/. Situs ini menyediakan layanan mengecek grammar, membetulkan typo, dan mengoreksi penggunaan tanda baca. 

Salah satu kelebihan tools ini adalah membantu mengecek sampai 100 ribu kata dalam satu pengecekan. Pengguna bisa memakai versi gratis maupun berbayar untuk individu maupun kelompok (bisnis). Biaya premium mulai $59 per 2 tahun. 

8. ProWritingAid

Rekomendasi berikutnya adalah aplikasi ProWritingAid. Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur yang memudahkan pengguna melakukan pengecekan grammar. Yaitu: 

  1. Grammar dan spelling checker
  2. Style checker
  3. Rekomendasi sinonim
  4. Ekstensi browser seperti Chrome, Firefox, Edge dan Safari

Fitur yang disediakan cukup banyak, sebagian fitur hanya bisa dinikmati oleh pengguna premium yang berlangganan. Namun, versi gratisnya juga tidak kalah lengkap untuk memudahkan pengecekan. Situs resminya di https://prowritingaid.com/

9. Virtual Writing Tutor

Pilihan berikutnya adalah Virtual Writing Tutor dimana laman resminya ada di https://virtualwritingtutor.com/. Situs ini dimiliki dan dikelola oleh ConverSolo Inc.. Beroperasi dengan teknologi AI dan cocok digunakan untuk mengecek grammar karya ilmiah. 

Seperti pengecekan grammar sampai typo maupun ejaan untuk esai dan karya tulis ilmiah lain dalam bahasa Inggris. Penggunaannya sangat mudah dan sifatnya gratis, sehingga tidak perlu upgrade ke akun premium. 

10. Quillbot

Jika Anda dosen dan membutuhkan tak hanya cek grammar online tapi juga hal lain, bisa memilih Qullbot yang lamannya ada di https://quillbot.com/. Platform satu ini tidak hanya untuk mengecek grammar. 

Akan tetapi juga mengecek plagiarisme, penerjemah, sampai membuat sitasi untuk kutipan dan daftar pustaka. Layanan komplit dan tersedia dalam versi gratis maupun berbayar. Biaya akun premium dimulai dari $4,17 per bulan. 

11. Linguix

Pilihan selanjutnya adalah Linguix yang laman resminya di https://linguix.com/. Lewat platform ini Anda dibantu mengecek grammar, melakukan parafrase, dan mengecek kesalahan ejaan. Tersedia versi gratis dan akun premium dengan biaya mulai $8 per bulan. 

12. Wordtune

Pilihan aplikasi cek grammar online selanjutnya adalah Wordtune yang situs resminya di https://www.wordtune.com/. Situs ini tak hanya membantu melakukan pengecekan grammar melainkan juga parafrase tulisan dengan teknologi AI. 

Fitur yang disediakan beragam dan tersedia akun reguler maupun akun premium. Biaya langganan bulanan dimulai dari $9 per bulan sampai $14 per bulan. Cek dulu fitur-fiturnya sebelum mulai berlangganan, sehingga dirasa sesuai kebutuhan. 

13. Readable

Situs Readable di laman https://readable.com/ juga bisa dijadikan tujuan dosen untuk mengecek grammar dari artikel ilmiah yang disusun. Selain menyediakan fitur cek grammar disini juga menyediakan fitur pengecekan keyword sampai 5.000 kata. 

Sesuai namanya, situs ini berfokus menyediakan jasa mengubah tulisan agar lebih enak dibaca. Tersedia versi gratis dan berbayar, akun premium biayanya mulai $4 per bulan dan tersedia beberapa pilihan paket untuk disesuaikan kebutuhan. 

14. Reverso

Selanjutnya ada situs cek grammar online bertajuk Reverso, laman resminya di https://www.reverso.net/text-translation. Fitur utama platform ini adalah menerjemahkan teks ke berbagai bahasa. 

Namun tersedia juga layanan cek grammar dan juga rekomendasi sinonim atau persamaan kata. Pengguna bisa mengandalkan layanan gratis maupun premium. Biaya langganan individu dimulai dari 4,21 EURO. 

15. Writer

Selanjutnya adalah aplikasi Writer yang laman resminya di https://writer.com/. Platform ini membantu mengecek grammar dan juga mengecek plagiat. Bisa dihubungkan ke Google Docs dan  Microsoft Word. 

Selain itu, pengguna bisa memakai jasanya tanpa biaya alias gratis. Namun untuk mengakses fitur lebih beragam bisa upgrade ke akun premium dengan biaya dimulai dari $15 per bulan untuk digunakan sampai lima orang. 

16. Nounplus

Rekomendasi berikutnya adalah platform Nounplus, laman resminya bisa diakses di https://www.nounplus.net/. Situs ini menyediakan layanan tunggal berupa pengecekan grammar secara online dan belum tersedia versi aplikasi mobile. 

Dilansir dari sejumlah sumber, situs ini bisa digunakan untuk keperluan sederhana seperti menulis paper. Namun belum cocok untuk kebutuhan bisnis, seperti menyusun kalimat persuasif untuk kebutuhan iklan yang menarik dan enak dibaca. 

17. Online Correction

Berikutnya, Anda bisa mengecek grammar secara online melalui Online Correction. Situs ini tidak hanya menyediakan fitur pengecekan grammar akan tetapi juga koreksi ejaan, typo, dan juga penggunaan tanda baca. Kabar baiknya, layanan yang disediakan gratis dan bisa diakses di laman https://www.onlinecorrection.com/

18. Google Docs

Terakhir adalah aplikasi cek grammar online yang digunakan sejuta umat untuk mengetik, yatu Google Docs yang laman resminya di https://docs.google.com/.  Sejauh ini, Google Docs memang dimanfaatkan untuk mengetik secara online. 

Menariknya, platform besutan Google ini menyediakan beberapa fitur menarik untuk memaksimalkan kegiatan menulis. Salah satunya pengecekan typo atau kesalahan ketik dan grammar yang sifatnya gratis. 

Ketika mengetik, Google Docs secara otomatis akan melakukan pemeriksaan. Jika ada kata atau kalimat yang grammar tidak sesuai maka akan muncul garis bawah berwarna hijau. Anda tinggal klik dan akan muncul rekomendasi yang lebih sesuai. 

Itulah 18 aplikasi cek grammar online yang bisa dipilih dosen untuk memudahkan pengecekan grammar. Jika memiliki pertanyaan, jangan ragu menuliskannya di kolom komentar. Klik tombol Share agar artikel ini ikut dibaca kolega Anda. Semoga bermanfaat. 

Artikel seputar “Bahasa Inggris” ini akan membantu Anda menaikkan skill bahasa Inggris:

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja