fbpx

Terbitkan buku lebih cepat HANYA 1 BULAN? Dapatkan fasilitas VIP ini secara GRATIS! Klik di sini

8 Cara Menaikkan SINTA Score dengan Cepat dan Tepat

Cara Menaikkan SINTA Score

Dosen tentu tidak hanya memiliki kebutuhan untuk mempublikasikan jurnal terindeks SINTA, akan tetapi juga paham cara menaikkan SINTA Score. SINTA Score menjadi salah satu bentuk nilai yang menunjukkan kinerja dari publikasi ilmiah yang terindeks di laman SINTA. 

Sistem penilaian ini dirilis dan dilakukan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN). Dalam prosesnya akan ada beberapa aspek atau faktor penilaian. Meskipun begitu, memaksimalkan SINTA Score ternyata bisa dilakukan. 

Apa Itu SINTA Score? 

Sebelum mengetahui bagaimana cara menaikan SINTA Score, maka pahami dulu apa itu SINTA Score. Kebanyakan akademisi menilai jika SINTA Score ini sama dengan tingkatan jurnal terindeks SINTA. Perlu diketahui, keduanya berbeda. 

Secara umum, SINTA Score adalah salah satu indikator kinerja publikasi ilmiah di Indonesia yang digunakan oleh Kemenristek/BRIN untuk memonitoring dan mengevaluasi kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah di Indonesia. 

SINTA Score dibentuk oleh Kemenristek sebagai upaya untuk melakukan evaluasi terhadap kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah. Baik dalam bentuk jurnal maupun buku ilmiah yang terindeks di laman SINTA. 

Adapun indikator dalam proses penentuan SINTA Score ini mencakup jumlah artikel, kualitas artikel, dan popularitas artikel. Selain itu, skor tertinggi diketahui 10,9 poin sementara skor terendah adalah 0. 

Sehingga cara menaikkan SINTA Score berhubungan dengan memaksimalkan seluruh faktor penilai. Misalnya jumlah artikel ilmiah yang dipublikasikan dan terindeks di laman SINTA. 

Lalu, ada perbedaan SINTA Score dengan tingkatan SINTA? Tingkatan SINTA diatur di dalam peraturan Kemenristek Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 mengenai Akreditasi Jurnal Ilmiah. Disebutkan ada enam tingkatan jurnal, dimulai dari SINTA 1 sampai SINTA 6. 

Masing-masing tingkatan SINTA dihitung dengan memperhatikan nilai publikasi jurnal. Misalnya untuk SINTA 1 yang nilai jurnalnya antara 85 ≤ hingga 100≤. Sehingga indikator penilaian dan bentuk nilai akhir antara tingkatan dengan SINTA Score sudah berbeda. 

Baca Juga:

Manfaat Memiliki SINTA Score yang Tinggi 

Lebih lanjut, para dosen disebut penting untuk mengetahui bagaimana cara menaikkan SINTA Score karena memang manfaatnya cukup luas. Berbekal SINTA Score yang terbilang tinggi. 

Maka seorang dosen dan sebuah institusi yang menaunginya bisa memperoleh banyak kesempatan akademik. Berikut beberapa manfaat memiliki SINTA Score tinggi:

a. Membuka Akses ke Sumber Daya dan Sumber Dana Lebih Baik 

SINTA menjadi media membangun portofolio online bagi kalangan dosen, sehingga dituju para pencari sumber daya untuk diajak berkolaborasi. Sekaligus dijadikan acuan pemerintah ketika memilih penerima program pendanaan, seperti program hibah. 

Jadi, dengan SINTA Score yang tinggi maka seorang dosen akan dinilai kredibel. Sehingga layak diajak berkolaborasi dalam penelitian maupun diterima proposal usulannya untuk mendapatkan dana hibah. 

b. Meningkatkan Reputasi Akademik 

Lewat SINTA Score yang tinggi maka menunjukan bahwa kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah seorang dosen maupun institusi yang menaunginya terbilang maksimal. 

Sehingga SINTA Score pada dasarnya ikut membangun reputasi akademik dosen dan institusi. Oleh sebab itu, mencoba berbagai cara menaikkan SINTA Score tentu layak dipertimbangkan agar kedepan lebih banyak kesempatan akademik bisa diraih. 

c. Membuka Peluang Menerima Penghargaan Akademik 

Penghargaan akademik disini bisa dalam bentuk penerimaan proposal usulan dalam sebuah program hibah. Sebab salah satu aspek yang dinilai adalah portofolio dosen di akun SINTA. Termasuk juga SINTA Score di dalamnya. 

d. Membuka Peluang bagi Dosen Diundang sebagai Reviewer

Manfaat terakhir dari memaksimalkan perolehan SINTA Score adalah membuka kesempatan bagi dosen menjadi reviewer. Tentunya kesempatan ini adalah sebuah kehormatan, karena reviewer adalah seorang ahli di bidangnya. 

Mendapat kepercayaan dan penawaran menjadi reviewer tentu memberikan rasa bangga dan merasa terhormat. Maka untuk memperbesar peluang memperoleh kesempatan ini bisa memaksimalkan SINTA Score. 

Sebab SINTA Score sering dijadikan acuan sebuah pengelola jurnal untuk memilih reviewer. Jadi, dijamin tidak akan rugi sudah mengupayakan kenaikan SINTA Score tersebut. 

Cara Menaikkan SINTA Score Secara Efektif 

Dengan luasnya manfaat kepemilikan SINTA Score yang terbilang tinggi, maka tidak ada alasan untuk tidak memaksimalkan skor tersebut. Pertanyaannya, bagaimana cara menaikkan SINTA Score? 

Jawabannya ternyata ada banyak, yang artinya ada banyak cara bisa ditempuh agar SINTA Score terus berkembang dan merangkak naik. Berikut cara menaikkan SINTA Score:

1. Meningkatkan Kuantitas Publikasi Terindeks SINTA

Cara pertama adalah meningkatkan kuantitas atau jumlah publikasi terindeks ke SINTA. Baik itu jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi. Sehingga jumlah publikasi meningkat dan mempengaruhi SINTA Score. 

2. Meningkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah 

Memahami bahwa SINTA Score tak hanya dilihat dari kuantitas publikasi, melainkan juga kualitas agar sitasi maksimal. Maka penting sekali bagi dosen untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah. 

Misalnya dengan lebih teliti memilih topik dimana memprioritaskan topik dari isu terkini dan juga banyak dicari. Kemudian, kualitas penyajian, gaya bahasa, struktur, dan sebagainya juga harus terus dikembangkan. Sehingga kualitasnya meningkat dan ditunjukan lewat jumlah sitasi yang terus naik. 

3. Publikasi Jurnal ke Jurnal Internasional Bereputasi 

Cara menaikkan SINTA Score berikutnya adalah melakukan publikasi jurnal ke jurnal internasional, khususnya yang bereputasi. Sebab bisa memaksimalkan sitasi dan nantinya akan mendongkrak SINTA Score. 

4. Memilih Publikasi ke Jurnal Terindeks SINTA 

Jika ingin melakukan publikasi ilmiah ke jurnal nasional, maka utamakan jurnal terindeks SINTA yang dijamin terakreditasi dan kredibel. Sehingga sering dijadikan referensi dan penulisnya dijadikan pilihan sebagai mitra penelitian kolaborasi. 

5. Mengembangkan Kegiatan Kolaborasi 

Melakukan kegiatan penelitian kolaborasi dengan dosen lain yang sudah bergelar Profesor. Atau mungkin dengan kampus lain, baik dalam maupun luar negeri bisa membantu meningkatkan reputasi dan kualitas publikasi ilmiah. 

Hal ini perlu ditingkatkan agar bisa memaksimalkan sitasi dan membangun reputasi akademik yang baik. Sehingga bisa menjadi cara menaikkan SINTA Score secara alami dan dalam jumlah yang signifikan, apalagi jika dilakukan kontinyu. 

6. Menaikkan Jumlah Sitasi 

Cara berikutnya adalah dengan menaikkan jumlah sitasi dari publikasi ilmiah. Misalnya dengan memaksimalkan jumlah publikasi, mereferensikan karya untuk dijadikan referensi tugas ilmiah mahasiswa, mempromosikan publikasi, dan sebagainya. 

7. Aktif Berpartisipasi dalam Konferensi Ilmiah 

Dosen yang aktif berpartisipasi dalam konferensi ilmiah selain bisa melakukan publikasi lewat prosiding. Juga bisa memperluas jaringan dan mempromosikan publikasi yang sudah dilakukan. Sehingga bisa memaksimalkan sitasi dan mendorong kenaikan SINTA Score. 

8. Publikasi Jurnal Open Acces

Selanjutnya adalah melakukan publikasi jurnal yang bersifat open acces. Sebab hal ini bisa memudahkan pembaca melakukan kutipan dan meningkatkan jumlah sitasi. Sehingga ikut mendorong kenaikan SINTA Score.  

Dengan melakukan beberapa cara menaikkan SINTA Score tersebut, apabila dilakukan secara kontinyu maka dampaknya akan semakin cepat terasa. Sehingga bisa memaksimalkan kualitas publikasi ilmiah dan membangun reputasi akademik positif. 

Baca Juga:

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132