fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

Siapa yang Menyangka, Beberapa Aktor dan Aktris ini Pernah Jadi Dosen

Artis Dosen
Dunia Pendidikan

Artis Dosen | Siapa sangka, beberapa aktor dan aktris berikut pernah bergelut di dunia pendidikan

Artis dosen? Tahukah kamu bahwa beberapa aktor dan aktris dunia pernah bekerja sebagai dosen di perguruan tinggi, loh. Publik figur yang sering membuat kita terhibur dengan aksinya dalam bermain sinetron, film dan dunia tarik suara ini memiliki ketertarikan dengan dunia pendidikan. Beberapa diantaranya juga masih aktif sebagai dosen di perguruan tinggi. Berikut kami ulas artis dosen Indonesia maupun Manca.

Selain memiliki bakat seni, para aktris dan aktor ini juga memahami dan menyadari akan pentingnya pendidikan di Negara kita. Mereka tidak segan-segan untuk turun tangan dengan berpartisipasi dan menjadi artis dosen.

Mereka memiliki pendidikan yang tinggi bahkan beberapa diantaranya menyandang gelar doktor. Sangat jelas sekali bahwa mereka menganggap bahwa ilmu dan pendidikan itu sangatlah penting.

Nggak kebayang gimana rasanya duduk dikelas dan mendengarkan materi dari artis yang selama ini hanya bisa kita saksikan di layar kaca. Siapa aja sih mereka? Penasaran? Yuk, kita simak.

 

1. Sylvester Stallone

Sylvester Stallone
Sylvester Stallone via ibtimes.co.uk

Siapa yang tidak mengenal Sylvester Stallone. Aktingnya yang bagus dan heroik dalam film Rambo membuat dia identik dengan karakter yang diperankannya. Slyvester Stallone memang seorang bintang film laga yang sangat populer.

Selain aktor, dia juga bekerja sebagai screenwriter, produser film dan seorang film director. Pria yang telah memenangkan dan masuk nominasi Oscar ini memang pria yang berbakat dan memiliki pendidikan tinggi.

Pada tahun 1960, pria yang lahir pada tanggal 6 Juli tahun 1946 ini pernah menjadi pengajar gym di the American College in Switzerland. Dia bekerja selama 2 tahun dan akhirnya dia kembali ke dunia perfilman yang membesarkan namanya.

 

2. Stephen King

Stephen King
Stephen King via theguardian.com

Bila kamu suka membaca buku dengan tema science fiction, horror, supernatural fiction, dan fantasi pasti kamu kenal dengan sosok penulis satu ini. Dia adalah Stephen Edwin King, seorang penulis terkenal yang telah menjual ribuan copy bukunya keseluruh dunia.

Pria kelahiran 21 September 1947 ini pernah bekerja di the Hampden Academy, Maine, pada tahun 1971 sebagai kontributor kolom cerpen dan novel. Dia memberikan materi tentang menulis dan membantu para murid dan berkontribusi dalam mengisi kolom cerita di majalah The Maine Campus.

Pekerjaan sebagai pengajar yang dia  geluti adalah pekerjaan yang dia sukai. Dia memiliki bakat dalam menulis dan bercerita, dia berpikir bahwa tidak ada salahnya dia membagikan ilmunya untuk dipelaari orang lain.

Bakat menulis Stephhen King memang tidak diragukan lagi, kesuksesan film The Shawshank Redemption yang diangkat dari bukunya menuai banyak pujian dan memenangkan banyak penghargaan dibidang perfilman.

3. Sandy Nayoan

Sandy Nayoan
Sandy Nayoan via indonesianfilmcenter.com

Sandy Nayoan adalah seorang aktor kawakan Indonesia yang sekarang menjadi dosen Pancasila di Universitas Gunadarma. Aktor yang melejit namanya melalui film Tutur Tinular III dan sinetron Tersanjung ini banting stir menjadi artis dosen, yaitu dosen Pancasila karena keinginannya untuk berbagi ilmu kepada generasi muda tentang pentingnya memahami Pancasila.

Pria yang lahir pada bulan Oktober ini kini menjadi dosen tetap di Universitas Gunadarma. Dia merasa memiliki tanggungjawab untuk mengajarkan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda agar tidak melupakan dasar dan sejarah negaranya.

 

4. Dono Warkop (Drs. H. Wahyu Sardono)

Dono Warkop
Dono Warkop via gemadesa.com

Sosok Dono memang sangat dirindukan oleh pecinta hiburan film komedi tanah air. Logat dan gaya bicaranya yang medok dan spontan membuat orang merindukannya di layar kaca.

Komedian yang lahir di Solo, Jawa Tengah ini sempat bekerja sebagai dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia. Dono mengabdi pada almamaternya dengan menjadi seorang dosen Sosiologi karena jenjang strata satu yang dia ambil adalah jurusan Sosiologi.

Semasa menjadi mahasiswa, Dono aktif bekerja di redaksi surat kabar Tribun dan Salemba. Selain itu Dono juga mengikuti kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam atau MAPALA UI.

Dono juga sempat menjadi asisten dosen dan menjadi salah satu mahasiswa yang berprestasi di kampusnya.

Dono melanjutkan pendidikannya hingga jenjang doktor atau Strata 3, sudah tidak diragukan lagi bahwa Dono adalah orang yang sadar akan pentingnya pendidikan. Meskipun ditengah-tengah jadwal syutingnya yang padat, Dono mampu menyelesaikan gelar doktornya.

5. Desy Ratnasari

Desy Ratnasari
Desy Ratnasari via segiempat.com

Siapa yang tidak mengenal sosok cantik era 90-an yang terkenal dengan lagu Tenda Biru-nya. Yap, Desy Ratnasari. Selain terjun dalam dunia politik dan menjadi salah satu anggota parpol di Indonesia, ternyata artis sinetron dan penyanyi ini juga menjadi seorang dosen jurusan psikologi di Universitas Atmajaya, Jakarta.

Artis yang lahir pada tanggal 12 Desember 1973 ini alih profesi menjadi dosen karena minat dan keinginannya dalam berbagi ilmu serta menyukai dunia mengajar. Siapa yang menyangka, seorang Desy Ratnasari menggeluti dunia akademisi dan menjadi artis dosen di almamaternya sendiri.

Pasti sangat menyenangkan sekali menjadi salah satu mahasiswa yang diajar oleh seorang penyanyi dan artis seperti Desy, selain suaranya yang merdu kamu pasti tidak akan bosan berlama-lama mengikuti perkuliahannya.

 

6. Saras Dewi

Saras Dewi
Saras Dewi via dailysylvia.com

Penyanyi lagu Lembayung Bali ini adalah seorang dosen jurusan filsafat di Universitas Indoensia. Kecintaannya pada filsafat membuatnya ingin terjun dan berbagi ilmu dalam bidang filsafat.

Istri dari gitaris band Netral ini mengampu mata kuliah eksistensialisme, filsafat timur, dan etika lingkungan. Saras Dewi yang juga merupakan aktivis Penolakan Reklamasi Teluk Benoa ini menyelesaikan gelar doktornya di usia 29 tahun.

Saat ini, Saras Dewi menjabat sebagai ketua jurusan filsafat di Universitas Indonesia yang juga sebagai almamater semasa kuliahnya dulu. Bangga sekali ya, memiliki penyanyi berbakat yang mau bekerja dan terjun langsung dalam pendidikan di Indonesia. Bagaimana? Tidak menyangka bukan? Ke-6 aktris, aktor, dan penyanyi tadi adalah beberapa dari banyak publik figur yang menggeluti dunia pendidikan.

Artis dari dalam dan luar negeri memiliki kesadaran akan pentingnya sebuah pendidikan dan mereka tidak ragu untuk berkontribusi langsung dalam mencerdaskan generasi penerus mereka. Passion dan semangat yang mereka salurkan sangat dirasakan manfaatnya oleh orang-orang sekitar mereka.

Mereka merupakan sosok yang inspiratif dibalik kesuksesannya dalam dunia keaktrisan dan entertain. Sebagai seorang publik figur yang menjadi panutan, mereka telah memberikan contoh yang baik bagi generasi muda.

Mereka tetap menomorsatukan pendidikan untuk dirinya sendiri dengan menempuh pendidikan setinggi-tingginya hingga memiliki gelar doktor maupun profesor. Dibalik kesibukan mereka dalam dunia hiburan, mereka masih menyempatkan diri untuk berkuliah dan mengejar impian mereka.

Sangat inspiratif ya, para artis dosen ini. Bila kamu menjadi salah satu kolega mereka, siapakah yang kamu pilih untuk menjadi kolega dosen dikampusmu?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132