fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

UNY Selenggarakan Sertifikasi Internasional Microsoft Office

Microsoft Office
UNY Selenggarakan Sertifikasi Internasional Microsoft Office, di Pusat Komputer UNY, Senin (10/12). (dok. www.uny.ac.id)

Yogyakarta – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Sertifikasi Internasional Microsoft Office Specialist (MOS). Diklat tersebut diselenggarakan dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan berkualitas, dilaksanakan di Pusat Komputer UNY, Senin (10/12) kemarin.

Diketahui, Microsoft Office Specialist adalah sertifikasi berskala global yang menunjukan kemampuan dalam menggunakan program-program dari Microsoft Office. Yaitu, Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft OneNote, Microsoft Outlook, Microsoft Access, Microsoft SharePoint. Lebih dari 1 juta tes setiap tahunnya dilaksanakan di lebih dari 140 negara di dunia.

Lebih dari 1.2 milyar orang menggunakan program-program Microsoft Office sebagai aplikasi yang utama dalam mengerjakan tugas maupun pekerjaannya sehari-hari. Keahlian dalam menggunakan Microsoft Office bukan lagi hanya sebagai kemampuan IT saja, tetapi menjadi kriteria wajib dan penting bagi sebuah perusahaan dalam mencari karyawan.

Bekerjasama dengan Quadra Luminari, diklat diselenggarakan selama 5 hari dan diikuti 60 orang meliputi 30 orang kepala sub bagian dan 30 orang staf tenaga kependidikan.

”Tenaga kependidikan UNY telah memenuhi standar layanan. Kegiatan ini digelar untuk memperoleh pengakuan kompetensi internasional dalam program Microsoft Office” kata Staf Ahli Wakil Rektor II UNY Zulfi Hendri Dalam sambutannya seperti dilansir www.uny.ac.id

Diklat ini dibagi menjadi tiga kompetensi yaitu word, excel dan power point. ”Harapannya dalam kegiatan ini minimal separuh dari jumlah peserta bisa lolos dan memperoleh sertifikat sesuai kemampuannya,” tutur Zulfi.

Kepala Bagian Kepegawaian UNY Tri Hariyanto menegaskan, bahwa tenaga kependidikan UNY dapat mengoperasikan Microsoft Office secara professional. Hal ini akan mendukung akreditasi dan pemeringkatan lembaga yang akan menuju perguruan tinggi berkelas dunia.

”Selama tiga tahun kedepan UNY dapat memperoleh 200 tenaga kependidikan tersertifikasi internasional,” ujar Tri.

Salah satu trainer dari Quadra Luminari, Jedika Ciangga dalam diklat tersebut memberikan tutorial penggunaan Microsoft Excel pada peserta dengan program pembuatan tabel dan penggabungan data.

Seperti diketahui, PT. Quadra Luminari menawarkan solusi bidang Teknologi Informasi untuk institusi pendidikan seperti Universitas, Sekolah dan Lembaga Kursus. Kemudian melakukan ekspansi di sektor komersil dan industri. Meliputi perbankan, manufaktur, media, transportasi, dan bidang.

”Pada hari pertama diselenggarakan tutorial excel, disusul word dan powerpoint, dimana tiap akhir sesi diadakan semacam kuis,” terang Jedika.

Ia menambahkan, pada hari terakhir diklat akan dilaksanakan ujian sertifikasi untuk menentukan profesionalisme tenaga kependidikan dalam memperoleh sertifikasi internasional ini.

Redaksi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132