fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

Kamu Harus Tahu Berbagai Macam Tipe Dosen di Kampusmu

Tipe Dosen Pembagi Poin
Tipe Dosen Pembagi Poin via andriewongso.com

Dunia perkuliahan memang penuh dengan lika dan liku. Mulai dari kampusnya, mahasiswanya, ataupun tipe dosen pengajarnya sekalipun. Dan dunia perkuliahan tidak akan pernah lepas dari kisah-kisah dosen, apalagi dosen killer.

Sudah pasti yang namanya dosen killer selalu saja menjadi cerita hebat dalam perkuliahan. Tapi kamu tahu, gak? Rupanya dosen killer bukanlah satu-satunya tipe dosen yang ada. Masih ada lagi loh, tipe dosen lainnya.

Makanya guys, sebagai salah satu makhluk yang hidup di perkuliahan, yaitu mahasiswa. Ada baiknya kamu tahu dan pahami tipe-tipe dosen yang ada di kampus kamu. Lansung saja kita check it out.

 

1. Dosen Datar

Tipe dosen yang pertama ini, ialah tipe dosen yang tidak mempunyai rasa kemahasiswaan yang tinggi. Semua gerak-geriknya menunjukkan bahwa ia sama sekali tidak memiliki simpati maupun empati terhadapa mahasiswanya.  Lebih tepatnya dose yang satu  ini memiliki prinsip hidup yang berbunyi, “Gak mau suseh”.

Biasanya dosen yang seperti ini, perkuliahannya sungguh datar, tak ada spesialnya sama sekali. Di saat mengajar dalam kelas pun ia hanya masuk, memberi tugas, tanda tangan, kemudian selesai.  Yuph! Begitulah, namanya juga dosen datar.

 

2. Dosen Tukang Pamer

Nah! kalau dosen yang kedua ini, ada sedikit keunikan dalam hidupnya. Yaitu sering memerkan keindahan hidupnya terhadap sesama manusia. Terlebih pada para mahasiswanya. Biasanya jika ia member kuliah di kelas, ia tak segan-segan menyelipkan cerita hebat dari hidupnya di sela-sela perkuliahannya.

Terkadang, hal yang dipamerkan berupa kisah travelling dia ke beberapa tempat keren, makanan yang barusan ia nikmati, tentang anaknya yang diterima di kampus keren mana, ataupun sekedar memamerkan kehebatannya di masa lalu.

Meski ada maksud terselubung, tapi dosen ini setidaknya memiliki keunikan yang membuat mahasiswanya tidak bosan dan ngantuk di kelas. Tapi kebanyakan dosen seperti ini tetap susah-susah gampang mendapat nilai bagus darinya. Butuh pendekatan yang baik pada dirinya.

 

3. Dosen Always Ngibul

Di antara jajaran macam-macam dosen, ada juga loh dosen yang sering ngibulin mahasiswanya. setiap pertemuannya di kelas, beliau tanpa ragu mengibul di depan mahasiswanya. yang jelas, kenyataan yang ada tidak akan pernah sama dengan apa yang dibicarakan oleh sang dosen.

Contohnya saja, biasanya sang dosen akan bercerita tentang kemashuran jurusannya, kehebatan kelas lain dalam kuliah, mengumbar janji tentang nilai, dan banyak lagi yang lainnya. yang pasti apa yang keluar dari mulutnya mesti di teliti kebenarannya. Soalnya, dosen ini menganut kepercayaan yang “Tak masalah berbohong demi kebaikan”.

Sebenarnyaa dosen tipe ini memiliki tujuan dan maksud baik, yaitu mengangkat semangat para anak didiknya. Kendati demikian, tak sedikit mahasiswa yang merasa kecewa di akhir cerita.  So, take care, yah!

 

4. Dosen Tukang Curhat

Tidak Cuma sahabat baik yang sering mencurahkan isi hati serta unek-uneknya, loh. Ada juga tipe dosen yang gemar curhat pada mahasiswanya di saat jam-jam kuliah. Bisa saja ia keluarhat curahan hatinya itu di saat-saat perkuliahan akan dimulai, kadang juga ia keluarkan di saat perkuliahan usai.

Rata-rata yang seperti ini, dikarenakan hidupnya yang selalu dalam cobaan Tuhan. Kadang-kadang ia akan bercerita tentang kendaraannya yang tidak pernah ganti, tentang anaknya yang susah diatur, atau masalah-masalah lainnya dalam rumah tangga.

 

5. Dosen super disiplin

Kalau yang tipe ini sudah pasti keberadaannya mutlak di setiap kampus manapun. Entah itu yang negeri maupun yang swasta. Selalu aja dosen yang kepribadiaanya yang mengangungkan kedisiplinan.

Tidak terelakkan jika dosen tipe ini berasal dari latar belakang orang yang super taat peraturan di masa mudanya, atau bisa jadi beliau adalah lulusan kampus cap luar negeri yang maju.jadi ya so pasti kebiasaan baiknya itu di bawa dan diperjuangkan di kelasnya.

Sudah jelas buat kamu yang jadi mahasiswanya beliau harus patuh dan taat. Mau tidak mau kamu juga harus ikut disiplin di dunianya (di kelasnya). Jika tidak? Biasanya dosen ini cukup tegass dalam pemberian hukuman dan ganjaran. Yang pasti ganjarannya juga tidak main-main, loh. Bisa mengulang di mata kuliah beliau.

Jadi yang sabar dan kuat, yah! Setidaknya kamu juga dilatih untuk jadi orang yang disiplin. Hidup disiplin tidak ada ruginya, loh.

 

6. Dosen Pembagi Poin

Tipe dosen yang selanjutnya datang dari orang yang berjiwa pembawa acara kuis. Kenapa begitu? Soalnya, dalam kelas sang dosen gemar sekali membagi-bagikan poin bagi kamu yang yang bertanya atau sekedar member pendapat.

Bahkan, jika kamu sekedar duduk di barisan paling depan, beliau tidak sungkan memberi poin. Jadi, kamu akan merasakan bagaiamana rasanya ikutan kuis-kuis berhadiah di televisi.

Baca juga: Sinergi Dosen-Mahasiswa untuk Tingkatkan Kualitas Dikti

Jelas bagi mahasiswa ini sangat menguntungkan bukan? Yang kurang baik dalam hal akademik, ia bisa mendapat nilai dengan sifat rajinnya. Yang malas, bisa menerima poin dalam hal bertanya. Dan jangan khawatir! Poinnnya tidak sekedar janji, guys.

 

7. Dosen muda yang cakep

Ada yang kurang cakep dan sudah pasti ada yang cakep. Begitu juga dengan dosen, coi. Tipe dosen yang satu ini, tergolong jarang adanya. Dan bila ada di suatu kampus, sudah pasti dia terkenal dan jadi favorit bagi setiap mahasiswa. Entah itu mahasiswa dalam mata kuliahnya ataupun di luar mata kuliahnya.

Bagaimana tidak? Sang dosen masih muda, cerah, bersemangat, cakep lagi. Mau kalau dosennya cowok, ya sudah pasti para mahasiswi-mahasiswi kampus bakalan rajin dan semangat kuliah di kelasnya. Sedang yang mahasiswa, juga tidak kalah semangat jika dosen muda itu perempuan. Meski beda jurusan, mereka bakal tetap rajin serta setia ikut di mata kuliahnya.

 

8. Dosen pelawak

Tipe selanjutnya ialah dosen yang senang menghibur mahasiswanya di dalam kelas. Dosen seperti ini mengerti pada mahasiswanya bahwa mata kuliah yang ia ajarkan sangat membosankan dan membuat malas para peserta didiknya. Dengan kesadaran itulah, beliau berjuang untuk membuat tertawa seisi kelas.

Biasanya dosen tipe ini selalu saja ada cerita lucu yang menjadi bahan lawakannnya. Tapi tetap saja yang namanya dosen jelas masih berbeda dengan pelawak aslinya, jadi ya terkadang cerita humor sang dosen tidak begitu lucu atau garing.

 

9. Dosen invisible

Dosen yang terakhir ialah tipe dosen yang wujudnya sungguh jarang terlihat oleh kedua mata kamu. Dosen ini lebih sering sibuk di luar kampus ketimbang harus stay di ruang dosen atau di kelasnya. Dosen ini sudah  pasti orang yang super sibuk dan proyek di mana-mana.

Tunggu dulu, Bro and Sis! Meski beliau tak terlihat batang hidungnya, bukan berarti kamu para mahasiswa terlepas dari jeratan tugas kuliah. Dosen yang tipe ini tidak mau ketinggalan dalam hal memberi tugas. Bahkan, rata-rata tugas sang dosen invisible tergolong cukup sulit dan dikejar deadline.

Itu dia, Guys. Macam-macam dosen yang biasanya ada di kehidupan perkuliahan. Meski mereka berbeda-beda (karena memang manusia asalnya tidak sama semua kepribadiannya), mereka tetaplah dosen atau guru kita. Sudah pasti mereka memiliki jiwa besar yang memiliki niat baik untuk jiwa anak didik mereka.

Jangan juga menilai mereka dari sisi luarnya, karena kamu belum melihat isi hati mereka yang begitu luas dan dalam. Ingat, mereka  merupakan orangtua kedua kamu, loh!

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132