fbpx

Rekrutmen Dosen Universitas Negeri Malang 2023

rekrutmen dosen universitas negeri malang

Bagi calon dosen tentu menantikan informasi pembukaan lowongan dosen di berbagai perguruan tinggi di tanah air. Kabar baiknya, diumumkan secara resmi pembukaan rekrutmen dosen Universitas Negeri Malang tahun 2023. 

Dalam rekrutmen ini diketahui tersedia 14 formasi dosen yang nantinya akan ditugaskan di 5 program studi yang sudah berjalan. Jika merasa sudah memiliki amunisi menjadi dosen muda, simak detail informasi lowongannya berikut ini. 

Formasi, Kualifikasi Pendidikan, Penempatan

Universitas Negeri Malang merupakan salah satu PTN yang berbasis di kota Malang, Jawa Timur. Memasuki akhir bulan April 2023 resmi diumumkan pembukaan rekrutmen dosen Universitas Negeri Malang. Lowongan dosen ini sendiri terbuka untuk calon dosen tetap non PNS.

Sehingga, bagi para pelamar yang berhasil lolos dalam proses seleksi sesuai kebijakan pihak PTN. Maka nantinya akan berstatus sebagai dosen tetap non PNS dan mengajar mata kuliah di 5 program studi yang berjalan. 

Berikut detail formasi, kualifikasi pendidikan, dan penempatan dalam rekrutmen dosen Universitas Negeri Malang tahun 2023 tersebut: 

No. Kualifikasi Pendidikan Jumlah Kebutuhan Rencana Penempatan 
1.Sp1 / Sp2 Ilmu Penyakit Dalam (latar belakang Profesi Dokter)1










Prodi S1 Kedokteran 
(Nomor 1-8 diutamakan yang telah lulus S3 atau sedang menempuh pendidikan S3). 
2.Sp1 / Sp2 Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan (Obstetri dan Ginekolog) (latar belakang Profesi Dokter)1
3.Sp1 / Sp2 Ilmu Penyakit Saraf (Neurologi) (latar belakang Profesi Dokter)1
4.Sp1 / Sp2 Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin (latar belakang Profesi Dokter) 1
5.Sp1 / Sp2 Ilmu Penyakit Mata (latar belakang Profesi Dokter)1
6.Sp1 / Sp2 Radiologi (latar belakang Profesi Dokter)1
7.Sp1 / Sp2 Anestesiologi dan Reanimasi (latar belakang Profesi Dokter)1
8.Sp1 / Sp2 Ilmu Kedokteran Forensik dan Studi Medikolegal (latar belakang Profesi Dokter)1
9.S2 / S3 Farmasi atau serumpun (diutamakan S3) – (Latar belakang S1 Ilmu Farmasi, Profesi Apoteker) 2Prodi S1 Farmasi 
10.S2 Spesialis Keperawatan (Komunitas), memiliki STR yang masih berlaku, pengalaman praktek minimal 5 tahun (S1 Keperawatan)1Prodi Profesi Ners 
11.S2 Keperawatan, memiliki STR yang masih berlaku, pengalaman praktek minimal 5 tahun (S1 Keperawatan)1Prodi S1 Keperawatan
12.S3 Psikolog (Latar belakang pendidikan S1 / S2 Psikolog/ Bimbingan Konseling/ Pendidikan Lainnya. 2Prodi S2 Psikologi 

Persyaratan Pelamar

Sebagaimana lowongan dosen pada umumnya, pembukaan rekrutmen dosen Universitas Negeri Malang tahun 2023 juga disertai dengan sejumlah syarat. Bagi para pelamar tentu wajib memenuhi persyaratan tersebut. Diantaranya adalah: 

  1. Warga negara Indonesia. 
  2. Berpendidikan minimal setara S2 atau S3 dari perguruan tinggi yang terakreditasi A dan program studi terakreditasi minimal B (perguruan tinggi dalam negeri) atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Kemendikbud Ristek. 
  3. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang setara dengan skor TOEFL paper based test paling rendah 500 (lima ratus) atau skor IELTS minimal 6 (enam) dari lembaga yang kredibel. 
  4. Sehat jasmani/ rohani. 
  5. Tidak mengkonsumsi atau menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya. 
  6. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, TNI, Polri, atau tidak sedang terikat kontrak kerja dengan lembaga atau perusahaan lain. 
  7. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/ anggota Polri atau TNI, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta. 
  8. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipenjara pidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap. 
  9. Kriteria pelamar berkualifikasi pendidikan S2:
    • Berusia maksimal 35 tahun terhitung pada tanggal 1 Juli 2023. 
    • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 minimal 3,00 (tiga koma nol nol) dan masa studi paling lama 5 tahun. 
    • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S2 minimal 3,25 (tiga koma dua lima) dan masa studi paling lama 3 tahun. 
  1. Kriteria pelamar berkualifikasi pendidikan S3: 
    • Berusia setinggi-tingginya 45 (empat puluh lima) tahun terhitung pada 1 Juli 2023. 
    • Memiliki artikel ilmiah yang dipublikasikan atau accepted pada jurnal nasional terakreditasi  atau jurnal internasional bereputasi. 
    • Masa studi maksimal 5 tahun. 

Tata Cara Pendaftaran

Rekrutmen dosen Universitas Negeri Malang tahun 2023 dibuka secara online, yakni melalui laman resmi milik Universitas Negeri Malang sendiri. Kemudian pendaftarannya pun dilakukan secara online, dan berikut tata cara pendaftarannya: 

  1. Pendaftaran secara online dilakukan mulai tanggal 18 April 2023 pukul 08.00 WIB sampai dengan tanggal 9 Mei 2023 pukul 23.59 WIB.
  2. Tata cara pendaftaran: 
    • Pelamar melakukan pendaftaran online melalui laman Rekrutmen UM
    • Pelamar mengisi borang pendaftaran elektronik sesuai dengan petunjuk dan mengunggah (melampirkan) file sebagai berikut: 
      • Ijazah dan transkrip akademik S1 dan/ atau Profesi, S2, dan/ atau S3, (formasi S3). 
      • Sertifikat akreditasi program studi dan akreditasi perguruan tinggi pada saat lulus S1, S2, dan atau S3. 
      • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). 
      • Sertifikat TOEFL atau IELTS. 
      • Daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (format terlampir). 
      • Bukti pengalaman kerja di instansi atau rumah sakit (jika ada). 
      • Pas foto berwarna terbaru (standar untuk ijazah) dengan wajah menghadap ke depan, ukuran 4×6 cm, berformat JPG, dengan resolusi sekurang-kurangnya 250 dpi, 800 x 600 pixel, dan ukuran file maksimal 5 Mb. 

Sebagai catatan tambahan, dokumen nomor 1-6 di scan dalam format JPG dengan ukuran A4 atau F4 (folio). Apabila para kandidat membutuhkan informasi tambahan mengenai rekrutmen dosen Universitas Negeri Malang tahun 2023 ini. Maka bisa mengakses informasi melalui dua sumber berikut: 

  1. Petugas informasi melalui telepon 0341 – 551312 (psw 1118, 1142) atau WhatsApp melalui nomor 0895-4161-90999. 
  2. Mengunjungi laman resmi Universitas Negeri Malang

Proses Seleksi

Bagi para pelamar yang berpartisipasi dalam rekrutmen dosen Universitas Negeri Malang tahun 2023 tersebut, pastikan sudah memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Selain itu, juga perlu mempersiapkan diri menghadapi seluruh tahapan seleksi. 

Pihak Universitas Negeri Malang juga mengumumkan bahwa akan ada 4 tahap seleksi untuk merekrut dosen baru sesuai formasi yang disampaikan sebelumnya. Berikut adalah 4 tahapan seleksi yang dimaksudkan dan jadwalnya: 

  1. Seleksi Administrasi, merupakan seleksi untuk mengetahui kelengkapan berkas lamaran yang diajukan pelamar. Seleksi ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada 27 April – 9 Mei 2023. Hasilnya akan diumumkan pada 11 Mei 2023. 
  2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), merupakan seleksi untuk mengukur atau menilai kompetensi bidang para calon dosen. Seleksi ini dijadwalkan pada 16 Mei 2023 dan hasilnya diumumkan pada 23 Mei 2023. 
  3. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), merupakan seleksi untuk mengukur atau menilai kompetensi dasar para calon dosen Universitas Negeri Malang. Tahap ini dijadwalkan akan diselenggarakan pada 29 Mei 2023. 
  4. Praktek Mengajar dan Wawancara, merupakan tahap seleksi dimana calon dosen Universitas Negeri Malang akan praktek langsung menunjukan kompetensi dan keterampilannya mengajar serta wawancara. Diselenggarakan pada 30-31 Mei 2023. 

Usai menjalani empat tahap seleksi tersebut, maka hasil seleksi akan diumumkan pihak Universitas Negeri Malang pada 13 Juni 2023. Mengenai jadwal, ada kemungkinan akan mengalami perubahan. Oleh sebab itu para pelamar bisa rutin mengecek situs maupun email yang dipakai mendaftar. 

Ketentuan Lain

Dalam pembukaan rekrutmen dosen Universitas Negeri Malang tahun 2023 kali ini juga diumumkan mengenai ketentuan lainnya. Ketentuan lain ini mencakup beberapa dokumen tambahan yang wajib diserahkan pelamar yang dinyatakan lolos dalam seleksi. 

Adapun beberapa ketentuan lain yang dimaksudkan disini antara lain: 

  1. Pelamar yang sudah dinyatakan lulus sebagai calon pegawai tetap non PNS sebagai dosen Universitas Negeri Malang, wajib menyerahkan persyaratan sebagai berikut:
    • Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani oleh pelamar ditujukan kepada Rektor Universitas Negeri Malang dengan materai Rp 10.000. 
    • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Susunan Keluarga (KSK) tanpa legalisir sebanyak 2 lembar. 
    • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai program Sarjana (S1 atau Profesi), Magister atau Master (S2 atau Spesialis), dan atau Doktor (S3) yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sebanyak 2 lembar. 
    • Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Ristek atau pejabat yang berwenang pada Ditjen Dikti Ristek bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri. 
    • Surat Keterangan Catatan Kepolisian dan Kepolisian. 
    • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari Rumah Sakit Pemerintah minimum tipe C. 
    • Surat keterangan bebas NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah. 
    • Surat pernyataan tidak sedang terikat kontrak kerja dengan instansi atau lembaga lain dan tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS, anggota TNI maupun Polri, bermaterai Rp 10.000. 
    • Pasfoto terbaru berwarna ukuran 4×6 cm sebanyak 2 lembar. 
    • Fotokopi sertifikat TOEFL atau IELTS. 
    • Daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (format oleh Sub Direktorat SDM UNM). 
  1. Berkas persyaratan administrasi sebagaimana butir 1 di atas diserahkan ke Sub Direktorat SDM UM pada tanggal 14 – 22 Juni 2023 mendatang. 
  2. Pelamar yang dinyatakan diterima sebagai pegawai tetap non PNS sebagai dosen mulai bekerja pada tanggal 3 Juni 2023. 

Bagi para calon dosen yang merasa sudah memenuhi persyaratan dalam rekrutmen dosen Universitas Negeri Malang tersebut. Maka bisa segera mempersiapkan seluruh berkas pendaftaran dan segera melakukan pendaftaran sesuai ketentuan sebelum ditutup.

Link : Pengumuman Rekrutmen Dosen Universitas Negeri Malang

Baca Juga :

Cara Menjadi Dosen di Usia Muda

11 Tips Meraih Jenjang Karir bagi Dosen Pemula

Tips Menjadi Dosen di Usia Muda, Banyak yang Tertarik!

Menjadi Dosen Muda dan Tantangan Menyampaikan Materi

6 Tips Personal Branding Bagi Dosen Muda agar Karir Cemerlang

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja