fbpx

Panduan Research Gate: Buat Akun Sampai Publikasi Artikel

panduan research gate

Setiap dosen dan peneliti tentu ingin mengoptimalkan publikasi ilmiah agar manfaatnya semakin luas dan memiliki dampak yang besar. Ada banyak upaya bisa dilakukan, salah satunya dengan mendukung publikasi ke Research Gate. 

Pastikan dulu sudah memiliki akun di laman ini untuk bisa mengunggah artikel ilmiah dan dimanfaatkan oleh akademisi dan peneliti lain di dunia. Namun, sudahkah Anda mengetahui cara membuat akun sampai publikasi di Research Gate? Jika belum bisa menyimak penjelasan berikut. 

Apa Itu Research Gate? 

Secara umum, Research Gate adalah situs jejaring sosial yang disediakan secara gratis dan telah dijadikan alat kolaborasi oleh para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu. Sehingga disini sering disebut sebagai media sosial untuk kalangan akademisi dan peneliti. 

Setiap dosen maupun peneliti dijamin memiliki akun di laman Research Gate sekaligus melakukan publikasi atas karya ilmiahnya disini. Sehingga bisa menjadi media untuk membangun portofolio, branding, dan membangun jaringan di kalangan akademisi dunia. 

Aktivitas di Research Gate membantu dosen membangun jaringan ke sesama dosen dan peneliti profesional di Indonesia dan seluruh negara di dunia. Selain itu, disini juga bisa dijadikan media untuk mendapatkan referensi ilmiah. 

Sebab para pengguna aktif membagikan karya ilmiah mereka. Lalu, sudahkah Anda tahu bagaimana mempublikasikan artikel ilmiah melalui situs Research Gate ini? Pastikan sudah, sehingga tidak hanya menemukan referensi tetapi juga berbagi referensi ke pengguna lainnya. 

Anda bisa menggunakan Research Gate sebagai akademik branding Anda. Ketahui lebih Research Gate hingga kelebihan dan kekurangannya.

Cara Membuat Akun di Research Gate 

Sebelum mengetahui bagaimana cara mempublikasikan artikel ilmiah atau jurnal ilmiah melalui Research Gate. Pastikan dulu sudah memiliki akun di laman ini. Sehingga dosen memiliki profil lengkap dan bisa membagikan karya tulis ilmiah. 

Jika masih menjadi pengguna awam, berikut adalah langkah-langkah untuk registrasi atau membuat akun di Research Gate: 

  1. Silakan buka browser pada perangkat elektronik yang Anda gunakan, kemudian buka laman Research Gate di https://www.researchgate.net/
  2. Klik tombol “Join for Free” yang ada di halaman utama. 
Klik tombol “Join for Free”
  1. Sistem akan menampilkan jenis akun, sebagai dosen Anda bisa memilih “Academic or Student”. Silakan klik. 
sebagai dosen Anda bisa memilih “Academic or Student”.
  1. Silakan masukkan nama perguruan tinggi tempat Anda mengabdi dan departemen di kotak dialog yang tampil. Lalu klik tombol “Continue”. 
  2. Selanjutnya, isi beberapa data sesuai permintaan sistem. Mulai dari nama, nama institusi, dll. seperti gambar di bawah ini. 
isi beberapa data sesuai permintaan sistem
  1. Sistem akan menampilkan data author, jika publikasi yang ditampilkan memang milik Anda maka silakan konfirmasi. Jika bukan maka bisa klik tombol “Skip the Step”. 
Konfirmasi sebagai "author"
  1. Tahap berikutnya, sistem di Research Gate akan mengajukan beberapa pertanyaan. Silakan dijawab sesuai dengan kondisi di lapangan. 
  2. Selanjutnya Anda akan diminta mengunggah foto, pada tahap ini bisa diisi langsung dan bisa juga diskip. 
  3. Tahap berikutnya akan muncul notifikasi untuk mengecek email yang digunakan mendaftar. Silakan buka email untuk proses verifikasi akun agar aktif dan bisa digunakan. 
  4. Usai verifikasi, maka akun sudah siap digunakan. Silakan kembali ke laman Research Gate dan login menggunakan alamat email dan password yang sudah disetting saat registrasi dilakukan. 

Baca artikel seputar “akademik branding”, cocok dari dosen pemula.

Cara Upload Artikel Ilmiah di Research Gate 

Setelah akun selesai dibuat dan sudah aktif, maka kini dosen bisa memanfaatkan akun ini untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah. Misalnya mengunggah artikel ilmiah atau jurnal ilmiah agar bisa diakses dan dijadikan referensi pengguna lainnya. Berikut tata caranya: 

  1. Siapkan dokumen artikel ilmiah yang akan dipublikasikan, pastikan format sudah dibuat PDF. Simpan di perangkat komputer. 
  2. Buka browser dan masuk ke laman Research Gate lalu login menggunakan email dan password yang sesuai. 
  3. Masuk ke profil, kemudian klik tombol “Add New” yang ada di bagian sudut kanan atas. 
klik tombol “Add New”
  1. Kemudian pada menu “Add your Research” silakan pilih “Data”. 
pada menu “Add your Research” silakan pilih “Data”
  1. Jika sudah akan muncul kotak dialog, silakan klik pilihan “Add a public file” kemudian cari file PDF dari artikel ilmiah yang akan diunggah di perangkat lalu centang pilihan “have received and verified…”. Selanjutnya klik tombol “Upload”. 
klik pilihan “Add a public file”
centang pilihan “have received and verified…
  1. Tahap berikutnya adalah melengkapi data publikasi ilmiah tersebut. Dimulai dari menginput judul artikel ilmiah, nama penulisnya, dan data lain sesuai ketentuan sistem di Research Gate. Jika data sudah lengkap dan sesuai, silahkan klik tombol “Continue”. 
lengkapi data publikasi ilmiah
  1. Tahap berikutnya adalah melindungi artikel ilmiah tersebut sebagai karya yang dilindungi Hak Cipta, silakan klik tombol “Generate a DOI”. 
klik tombol “Generate a DOI”
  1. Tahap berikutnya mengisi project artikel ilmiah yang dipublikasikan. Silahkan isi dengan nama atau judul artikel ilmiah tersebut, lalu klik tombol “Add to Project”. 
  2. Berikutnya silakan centang pada pilihan “Researcher with expertise in my field”. Klik tombol “Continue”. Langkah ini penting agar bisa mengetahui jumlah pembaca dari artikel yang dipublikasikan. 
centang pada pilihan “Researcher with expertise in my field
  1. Selanjutnya adalah menuliskan pesan yang akan diterima kolega di Research Gate yang membaca maupun mengunduh artikel ilmiah yang dipublikasikan. Bisa mengetik ucapan “Thank You”. Lalu klik tombol “Send Request”. 
klik tombol “Send Request”
  1. Selesai. Jika berhasil mempublikasikan artikel ilmiah maka akan muncul notifikasi di layar perangkat Anda, seperti pada gambar berikut. 
tahap mengupload publikasi di research gate selesai

Jika ingin mengecek artikel ilmiah tersebut sudah masuk atau belum di profil Research Gate, silahkan klik tombol “view data”. Maka akan terlihat daftar judul artikel ini di profil yang Anda miliki. Jika ingin menambahkan publikasi lainnya, silahkan ulangi lagi langkah-langkah yang sudah dijelaskan. Semoga bermanfaat. 

Selain Research Gate, Anda juga bisa melakukan akademik branding pada platform lainnya, seperti SINTA, LinkedIn.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja