fbpx

Komunitas Mahasiswa Pascasarjana UNY Kenalkan Mendeley Desktop Mencegah Plagiarisme

Mencegah Plagiarisme
KMP PPs Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kenalkan Mendeley Desktop untuk cegah plagiarisme yang diikuti 76 mahasiswa terdiri dari Pascasarjana Magister dan Doktoral, (31/12/2019). (Sumber Foto: uny.ac.id)

Yogyakarta – Pengurus Komunitas Mahasiswa Pascasarjana (KMP) PPs Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kenalkan Mendeley Desktop. Hal itu bertujuan memperkaya sumber referensi riset, hasil penelitian, menyusun tulisan sesuai prosedur pengutipan dan sitasi yang benar serta mencegah plagiarisme pada hasil karya ilmiah yang berupa tulisan.

Kegiatan yang diikuti 76 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Pascasarjana Magister dan Doktoral ini menekankan karya ilmiah merupakan bagian penting dari dunia pendidikan. Sehingga dengan aplikasi Mendeley memudahkan penyusunan tulisan karya ilmiah sekaligus mencegah plagiarisme pada makalah, skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian, jurnal ilmiah.

Dilansir dari uny.ac.id, Mashudi, S.Pd., Ketua KMP PPs UNY menjelaskan dalam kegiatan KMP PPs UNY kali ini lebih membahas tentang Mendeley Desktop yang fungsinya dapat memungkinkan untuk memperkaya sumber referensi riset, hasil penelitian, menyusun tulisan sesuai prosedur pengutipan dan sitasi yang benar.

Selain itu, lebih lanjut Mashudi menjelaskan selain mencegah plagiarisme, fungsi dari Mendeley Desktop itu juga berguna dalam mengelola dokumen referensi serta dapat pula membantu penulis mengetahui perkembangan riset terkini.

Menurut Mashudi, kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan hardskill mahasiswa untuk menggunakan program aplikasi Mendeley. “Manfaatnya, akurasi sitasi dan kerapian sitasi pada artikel sangat signifikan terstruktur sehingga mencegah plagiarisme,” terangnya.

Kegiatan Mendeley kali ini dilakukan dengan beberapa inovasi baru yang berbeda dari tahun sebelumnya. Antara lain peserta tidak hanya dari mahasiswa Pascasarjana UNY, tetapi juga dari Universitas lain.

Kemudian model pelatihan menggunakan kelas paralel, instruktur memberdayakan dari mahasiswa KMP yang banyak mengalaman terkait penggunaan Mendeley dimana dua instruktur disediakan dalam satu kelas.

“Langkah-langkah ini kami ambil agar KMP UNY dapat mandiri dan menebarkan manfaat tidak hanya untuk mahasiswa UNY, tetapi Mahasiswa dari universitas lain,” jelas Mashudi.

Mashudi menambahkan, inovasi yang KMP UNY lakukan, sebanding dengan feedback peserta yang pihaknya dapatkan berdasarkan survey kepada peserta menggunakan google form. Lebih dari 80% peserta merasa nyaman dengan kondisi kelas dan pemahaman materi dapat diterima dengan mudah.

Diketahui, Mendeley adalah aplikasi ekstraksi referesi dan metadata otomatis yang dapat dioperasikan melalui Mendeley Desktop dan jejaring sosial serta mesin pencarian referensi akademik yang dapat dioperasikan melalui Mendeley Web.

Mendeley Desktop dan Mendeley Web sangat membantu penggunanya dalam hal mengatur dan membagi karya ilmiah, menemukan data penelitian dan berkolaborasi secara online. Mendeley menggabungkan Mendeley Desktop sebagai PDF dan aplikasi management referensi yang tersedia dalam versi Windows, Linux, dan Mac dengan Mendeley Web sebagai jejaring sosial online bagi para peneliti.

Mencegah Plagiarisme
KMP PPs UNY menyelenggarakan Pelatihan Mendeley dan Desain Grafis bagi pengurus Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY 2019, Sabtu (09/03). (Sumber Foto: pps.uny.ac.id)

Deteksi Plagiat

Terbatasnya referensi yang dapat diakses oleh mahasiswa atau dosen karena kebijakan pemerintah melalui Kemenristek/ BRIN untuk berlangganan jurnal ternama, menuntut kemandirian perguruan tinggi. Perguruan tinggi di Indonesia dapat mensiasati dengan melakukan kerjasama publikasi dengan perguruan tinggi negara tetangga yang berlangganan dengan semua jurnal ternama.

Dilansir dari buku Hindari Plgiat dengan Mendeley (Karya Andi Anto Patak, Universitas Negeri Makasar) deteksi plagiarisme bisa juga dengan cara memaksimalkan jejaring sosial untuk berbagi referensi. Dosen Indonesia alumni perguruan tinggi ternama dari negara maju juga dapat membantu dengan mendaftar sebagai ikatan alumni untuk mengakses jurnal ternama.

Selanjutnya dosen pembimbing menyimpan koleksi referensi full-teksnya dipenyimpanan online untuk selanjutnya dishare kepada mahasiswa bimbingan yang membutuhkan. Kemudian, perguruan tinggi berlangganan dengan provider pelacak plagiat yang terbaru, misalnya “turnitin” di www.turnitin.com, Software pelacak plagiat ini hanya bisa difungsikan jika ada akses internet.

Keakuratan software ini mendeteksi plagiat sangat membantu dosen mengoreksi keaslian paper, skripsi atau tesis. Software ini melacak presentase kesamaan susunan kata antara file mahasiswa yang diperiksa dengan semua referensi di online. Presentasi kesamaan kata yang tinggi mengidentifikasikan tingginya potensi plagiarisme yang dilakukan oleh mahasiswa.

Dengan demikian, mahasiswa dapat segera merevisi paper, skripsi atau tesis atau jurnalnya untuk menghindari atau mencegah plagiarisme.

Software ini juga memiliki fitur mendeteksi tingkat keaslian referensi yang tercantum di daftar pustaka. Software ini juga sangat cocok digunakan oleh dosen untuk memberikan feedback lengkap kepada mahasiswa mengenai kualitas keaslian tulisan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja