fbpx

Cara Menambahkan Artikel di Garuda, Naikkan Peringkat SINTA Dosen!

Cara Menambahkan Artikel di Garuda

Setiap dosen tentu akrab dengan laman Garuda atau Garba Rujukan Digital yang merupakan database indeks publikasi ilmiah di tingkat nasional. Bicara mengenai Garuda maka dosen wajib paham cara menambahkan artikel di Garuda. 

Pasalnya, Garuda ID milik dosen nantinya akan dihubungkan dengan akun SINTA. Sehingga publikasi yang masuk ke Garuda ID otomatis akan mempengaruhi portofolio online dosen di laman SINTA tersebut. Berikut detail penjelasannya. 

Arti Penting Menambahkan Artikel di Garuda 

Sebelum membahas mengenai tata cara menambahkan artikel Garuda, maka pahami dulu arti pentingnya. Garuda bisa disebut sebagai database publikasi ilmiah yang bersifat nasional. 

Seluruh publikasi ilmiah para dosen, mahasiswa, dan peneliti di Indonesia akan terindeks di laman ini. Bagi kalangan dosen, publikasi yang terindeks di Garuda perlu di update berkala karena terhubung dengan akun SINTA milik dosen. 

Publikasi ilmiah yang masuk ke Garuda otomatis akan ikut terbaca di laman SINTA. Sehingga bisa meningkatkan peringkat SINTA dosen. Sehingga portofolio online dosen di laman SINTA sudah update dan mendongkrak reputasi dosen itu sendiri. 

Oleh sebab itu, semua dosen wajib paham tata cara menambahkan artikel di Garuda. Tujuannya agar peringkat SINTA naik sejalan dengan produktivitas melakukan publikasi ilmiah. 

Kabar baiknya penambahan artikel ini ternyata tidak susah dan nanti akan dijelaskan di bawah. Setiap kali dosen melakukan publikasi ilmiah, khususnya publikasi nasional bukan jurnal internasional. Maka perlu rutin mengecek di Garuda ID agar bisa terus di update. 

Baca Juga: Cara Menggabungkan ID Garuda yang Double

Cara Menambahkan Artikel di Garuda 

Lalu, seperti apa tata cara menambahkan artikel di Garuda? Caranya ternyata tidak sulit, berikut detailnya: 

1. Buka Profil Google Scholar 

Tahap yang pertama adalah membuka profil Anda di Google Scholar untuk mengetahui artikel mana saja yang sudah dipublikasi tetapi belum masuk ke Garuda ID yang Anda miliki. 

Silakan copy paste judul artikel yang belum masuk ke Garuda ID dan kemudian masuk ke laman Garuda. Detailnya seperti gambar di bawah ini: 

copy paste judul artikel yang belum masuk ke Garuda ID

2. Buka Laman Garuda 

Langkah atau tahap kedua dalam cara menambahkan artikel di Garuda ID adalah membuka laman Garuda, yakni di laman Garuda. Pada halaman utama, silakan lakukan langkah-langkah berikut: 

  1. Klik tombol “Advance Search”. 
Klik tombol “Advance Search”
  1. Copy paste judul artikel dari Google Scholar ke kolom pencarian. 
  2. Klik tombol “Search”. 
Klik tombol “Search”
  1. Silakan buka judul artikel sesuai hasil pencarian yang ditampilkan oleh sistem di laman Garuda. 
buka judul artikel sesuai hasil pencarian
  1. Silakan copy link URL artikel untuk masuk ke tahap berikutnya. 
copy link URL artikel

3. Buka Profil Garuda ID 

Tahap yang ketiga adalah membuka profil Garuda ID. Cara pintasnya adalah saat membuka judul artikel di tahap sebelumnya, silakan klik nama Anda di tampilan layar. Contohnya seperti gambar berikut. 

buka profil garuda

Jika nama penulis yang diberi warna merah oleh sistem di klik, maka akan masuk ke profil nama penulis tersebut. Baru kemudian Anda bisa memasukan artikel ke Garuda ID dengan langkah-langkah sebagai berikut: 

  1. Jika profil Garuda ID sudah terbuka, silakan klik tombol “Claim Missing Document”. 
  2. Masukan Link URL artikel yang dicopy sebelumnya pada kolom yang tersedia. 
  3. Klik tombol “Check”.
check link URL artikel
  1. Klik tombol “Claim”. 
Claim artikel

Jika sudah, maka tahap akhir dari cara menambahkan artikel Garuda adalah menunggu persetujuan pengajuan klaim tersebut. Biasanya masa tunggu maksimal 14 hari, akan tetapi rata-rata dalam tempo 1×24 jam sudah ada perubahan status. Silakan rajin melakukan pengecekan. 

Artikel seputar “akun pendukung karir dosen” yang tidak boleh Anda lewatkan:

Di tag : ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja