fbpx

Beasiswa LPDP 2023: Kriteria, Persyaratan, Jadwal, dan Cara Daftar

Beasiswa LPDP 2023: Kriteria, Persyaratan, Jadwal, dan Cara Daftar

Bagi calon dosen maupun para dosen yang ingin studi lanjut, maka bisa mencoba mengikuti seleksi beasiswa LPDP 2023. Beasiswa LPDP masuk jajaran beasiswa bergengsi karena bersifat penuh (fully funded) dan memiliki bidang studi yang beragam. Tak hanya itu, masih banyak lagi keunggulan beasiswa yang diselenggarakan LPDP.

Menariknya, pendaftaran dibuka sepanjang tahun dan gelombang pertama di tahun 2023 sudah resmi dibuka. Lalu, apa saja syarat dan prosedur pendaftarannya? 

Beasiswa LPDP 2023

Beasiswa LPDP 2023 merupakan program pendanaan pendidikan dari pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). 

Sumber pendanaan LPDP dikelola oleh lembaga DPPN (Dana Pengembangan Pendidikan Nasional) dan program beasiswa yang disediakan bersifat penuh dan bisa memfasilitasi kuliah di dalam maupun luar negeri. 

Selain itu, program beasiswa yang diselenggarakan pemerintah Indonesia ini memiliki beragam jenis. Setiap jenis memiliki target atau sasaran penerima beasiswa tersendiri, berikut tiga program utama beasiswa LPDP 2023: 

1. Program Umum

Program pertama dari beasiswa LPDP 2023 adalah program umum yang ditujukan untuk masyarakat umum atau masyarakat luas. Program umum LPDP terdiri dari beasiswa reguler (jenjang S-1 dan S-2), beasiswa parsial, dan beasiswa perguruan tinggi utama dunia. 

2. Program Targeted 

Program yang kedua adalah program targeted, yakni program beasiswa untuk menyasar penerima dengan kriteria tertentu. Program targeted terdiri dari beasiswa PNS, TNI, dan Polri, beasiswa kewirausahaan, dan beasiswa dokter spesialis. 

3. Program Afirmasi 

Terakhir adalah program afirmasi yang ditujukan untuk masyarakat Indonesia dari ekonomi kurang mampu dan berprestasi. Program afirmasi terdiri dari beasiswa penyandang disabilitas, beasiswa putra-putri Papua, beasiswa daerah afirmasi, dan beasiswa prasejahtera. 

Kriteria

Khusus untuk calon dosen yang belum memiliki ijazah S-2 maupun bagi para dosen yang belum studi ke jenjang Doktoral, maka bisa memilih program umum dari beasiswa reguler yang memang dibuka untuk jenjang S-2 dan S-3, baik di dalam maupun luar negeri. 

Beasiswa reguler LPDP bisa diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia yang sudah menyelesaikan pendidikan D-4 atau Sarjana Terapan dan juga S-1 (sarjana). Sehingga bagi siapa saja yang belum menyelesaikan pendidikan D-4 maupun S-1 belum bisa ikut seleksi. 

Tak hanya itu, bagi Anda yang sudah menyelesaikan pendidikan S-2 maka tidak boleh ikut beasiswa reguler untuk jenjang S-2 LPDP. Begitu juga untuk lulusan S-3 yang tidak diperbolehkan mengikuti beasiswa reguler jenjang S-3. 

Bidang Studi 

Sebelum ikut pendaftaran program beasiswa LPDP 2023 maka tentukan dulu bidang studi yang akan dipilih. Selanjutnya memilih universitas tujuan, pastikan universitas yang dipilih membuka program studi yang diinginkan. 

Beasiswa LPDP dikenal memiliki cakupan bidang studi yang luas, bahkan di beberapa universitas dalam maupun luar negeri semua program studi bisa dipilih penerima beasiswa. Pada 2023 ini, beasiswa LPDP membuka 720 program studi untuk jenjang S-2 dan 285 program studi untuk jenjang S-3 dari berbagai universitas dalam negeri. Bagi yang ingin melanjutkan studi di luar negeri, pendaftar beasiswa bisa mendaftar ke 403 universitas di luar negeri.

Berikut beberapa bidang studi yang bisa dipilih baik di universitas dalam maupun luar negeri

Program S-3 Dalam Negeri

Perguruan TinggiBidang Studi
Institut Pertanian BogorAgronomi Dan Hortikultura, Biologi Reproduksi, Biologi Tumbuhan , Ekonomi Kelautan Tropika, Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan, Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah Dan Pedesaan, Klimatologi Terapan, Mikrobiologi, dan lain sebagainya
Institut Seni Indonesia YogyakartaSeni
Institut Teknologi BandungArsitektur, Astronomi, Biologi, Farmasi, Fisika, Ilmu Dan Teknik Material, Ilmu Seni Rupa Dan Desain, Perencanaan Wilayah Dan Kota, Kimia, Matematika, dan lain sebagainya
Institut Teknologi Sepuluh NopemberIlmu Arsitektur , Ilmu Fisika, Ilmu Kimia, Ilmu Statistik, Ilmu Teknik Elektro, Ilmu Teknik Kelautan, Ilmu Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, dan Teknik Mesin
Universitas AirlanggaIlmu Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Ilmu Ekonomi Islam, Kedokteran, Ilmu Manajemen, Ilmu Sosial, dan lain-lain
Universitas Bina NusantaraIlmu Manajemen
Universitas BrawijayaBiologi, Fisika, Ilmu Administrasi, Ilmu Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Ilmu Hukum, Ilmu Kedokteran, Ilmu Manajemen, Ilmu Pertanian, Ilmu Sosiologi, dan lain sebagainya
Universitas DiponegoroAdministrasi Publik, Ekonomi, Hukum, Ilmu Arsitektur Dan Perkotaan, Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, Ilmu Lingkungan, Ilmu Sosial, Ilmu Teknik Sipil, Kesehatan Masyarakat, Manajemen Sumber Daya Pantai, Peternakan, dan Teknik Kimia
Universitas Gadjah MadaDoktor Agama dan Lintas Budaya, Doktor Arsitektur, Doktor Biologi, Doktor Bioteknologi, Doktor Filsafat, Doktor Fisika, dan lain sebagainya
Universitas HasanuddinIlmu Arsitektur, Ilmu Ekonomi, Ilmu Kedokteran, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan lain-lain

Program S-3 Dalam Negeri

Perguruan TinggiProgram Studi
Stanford UniversityAll Subject
University of CambridgeAll Subject
Harvard UniversityAll Subject
Massachusetts Institute of Technology (MIT)All Subject
University of OxfordAll Subject
ETH Zurich – Swiss Federal Institute of TechnologyAll Subject
Tsinghua UniversityAll Subject
Peking UniversityAll Subject
University of TorontoAll Subject
National University of Singapore (NUS)All Subject

Persyaratan

Beasiswa Reguler di dalam program beasiswa ini memiliki beberapa persyaratan umum dan persyaratan khusus. Adapun persyaratan umum LPDP tahun ini antara lain: 

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D-4) atau sarjana (S-1) untuk beasiswa magister; program magister (S-2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D-4)/sarjana (S-1) langsung doktor. 
  3. Bagi pendaftar dari diploma empat (D-4)/sarjana (S-1) langsung doktor wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut:
    • Memiliki LoA (Letter of Acceptence) Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan.
    • Memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa Doktor (S-3).
  1. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S-2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S-3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor. 
  2. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan:
    • Hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman Penyetaraan Ijazah Kemdikbud.
    • Tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan konversi IPK pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengenai penyetaraan ijazah dan konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah
  1. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri. 
  2. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP. 
  3. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP maka wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari Perguruan Tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional 
  4. Melampirkan surat rekomendasi sesuai dengan persyaratan masing-masing program. 

Sedangkan persyaratan khusus untuk program reguler di dalam beasiswa LPDP 2023 antara lain: 

  1. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu: 
    • Pendaftar jenjang pendidikan magister berusia paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun.
    • Pendaftar jenjang pendidikan Doktor berusia paling tinggi 40 (empat puluh) tahun.
  1. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Pendaftar jenjang Magister wajib memiliki IPK pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4,00 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir. 
    • Pendaftar jenjang Doktor wajib memiliki IPK pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,25 pada skala 4,00 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir. 
    • Khusus untuk pendaftar jenjang Doktor dari program Magister Penelitian tanpa IPK, wajib melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi asal. 
  1. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang diterbitkan paling lambat pada 2 (dua) tahun terakhir dari tahun pendaftaran beasiswa oleh ETS, PTE Academic, atau IELTS dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Pendaftar program Magister Dalam Negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL® ITP 500, TOEFL® iBT 61, PTE Academic 50; atau IELTS™ 6,0. 
    • Pendaftar program Magister Luar Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 80; PTE Academic 58; atau IELTS™ 6,5. 
    • Pendaftar program Doktor Dalam Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL® ITP 530, TOEFL® iBT 70, PTE Academic 50; atau IELTS™ 6,0. 
    • Pendaftar program Doktor Luar Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 94; PTE Academic 65; atau IELTS™ 7,0. 
    • Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.
  1. Melampirkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi

Persyaratan Berkas

Program reguler di dalam beasiswa LPDP 2023 juga mewajibkan calon kandidat untuk melengkapi berkas administrasi. Seluruh berkas wajib dilampirkan saat melakukan pendaftaran. Diantaranya adalah: 

  • Biodata diri. 
  • Kartu tanda penduduk (KTP). 
  • Scan Ijazah S1/S2 (Asli atau Legalisir) atau SKL (Surat Keterangan Lulus).
  • Scan Transkrip Nilai S1/S2 (bukan Transkrip Profesi).
  • Dokumen penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kemendikbud Ristek atau tangkapan layar pengajuan penyetaraan ijazah dan konversi IPK (bagi lulusan D4/S1 luar negeri). 
  • Sertifikat Bahasa Asing yang dipersyaratkan dan Masih Berlaku (Asli).
  • Letter of Acceptance (LoA) Unconditional yang masih berlaku dan sesuai dengan Perguruan Tinggi serta Program studi yang dipilih.
  • Surat Rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi.
  • Komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.
  • Proposal Penelitian (khusus Doktor).
  • Publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi. 

Komponen Beasiswa

Beasiswa LPDP 2023 yang termasuk beasiswa penuh kemudian mencakup beberapa biaya. Terkait biaya yang tercover dibagi menjadi dua kategori, dan berikut komponennya:

Jenis PendanaanKomponen
Dana PendidikanDana Pendaftaran
Dana SPP/Tuition Fee/Uang Kuliah Tunggal
Dana Tunjangan Buku
Dana Penelitian Tesis/Disertasi
Dana Seminar Internasional
Dana Publikasi Jurnal Internasional
Dana PendukungDana Transportasi
Dana Aplikasi Visa
Dana Asuransi Kesehatan
Dana Kedatangan
Dana Hidup Bulanan
Dana Lomba Internasional
Dana Tunjangan keluarga (khusus Doktor)
Dana keadaaan darurat (jika diperlukan)

Pertanyaan yang sering ditanyakan calon pendaftar adalah sebesar apa uang saku yang akan diberikan. Penerima beasiswa LPDP memang berhak mendapatkan uang bulanan dan bisa disebut uang saku. Besaran uang saku berkisar antara Rp 118 juta sampai Rp 320 juta per tahun.

Jumlah uang saku tersebut tergolong besar. Berkaitan dengan hal itu, pemerintah berama LPDP dan Kemenkeu menetapkan bahwa penerima beasiswa tidak diperbolehkan bekerja selama masa studi. Penerima beasiswa diharapkan dapat fokus dan menyelesaikan studinya dengan baik dan tepat waktu.

Tahap dan Jadwal Pendaftaran

Pada program Beasiswa LPDP 2023 direncanakan akan dibuka sebanyak 2 gelombang, berikut tahap seleksi dan jadwal yang ditetapkan LPDP:

Tahap PendaftaranTahap 1Tahap 2
Pembukaan Pendaftaran25 Januari – 25 Februari 20239 Juni – 9 Juli 2023
Seleksi Administrasi27 Februari – 11 Maret 202310 – 23 Juli 2023
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi14 Maret 202327 Juli 2023
Seleksi Bakat Skolastik27 – 29 Maret 20237 – 9 Agustus 2023
Pengumuman Seleksi Bakat Skolastik5 April 202316 Agustus 2023
Seleksi Substansi10 – 15 April dan 2 – 31 Mei 20234 September – 27 Oktober 2023
Pengumuman Hasil Seleksi Substansi8 Juni 20237 November 2023
Intake Paling CepatJuli 2023Januari 2024

Cara Daftar

Bagaimana cara mendaftar dalam program beasiswa LPDP 2023? Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman Beasiswa LPDP Kemdikbud. Detailnya sebagai berikut: 

  1. Mendaftar secara online pada laman Beasiswa LPDP Kemdikbud.
  2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.
  3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

Perlu diketahui bahwa pendaftar beasiswa LPDP ini dibatasi. Secara umum, setiap pendaftar beasiswa LPDP diberi kesempatan hanya 2 kali mendaftar. Maka, setiap pendaftar wajib memaksimalkan usaha saat mengikuti pendaftaran.

Baca artikel lain seputar berkas beasiswa. Selamat mencoba!

Contoh Esai Beasiswa Lengkap yang Bisa Dijadikan Acuan

Contoh Motivation Letter Beasiswa yang Baik dan Benar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132