fbpx

Beasiswa KOICA 2023, Beasiswa Pascasarjana ke Korea Selatan

Beasiswa KOICA 2023, Beasiswa Pascasarjana ke Korea Selatan

Ingin kuliah pascasarjana di Korea Selatan? Kabar baik karena program beasiswa KOICA tahun 2023 sudah resmi dibuka pendaftarannya. Jika beruntung lolos dalam setiap tahap seleksinya maka bisa kuliah S2 atau S3 gratis di negeri ginseng, Korea Selatan. 

Sebelum ikut mendaftar, ada baiknya mengenal program beasiswa ini dengan baik. Sehingga bisa mengetahui apa persyaratannya, fasilitasnya sesuai kebutuhan atau tidak, dan lain sebagainya. 

Mengenal Beasiswa KOICA

Korea Selatan diketahui membuka berbagai program beasiswa internasional. Salah satu beasiswa pascasarjana Korea Selatan yang bisa diikuti olah warga negara Indonesia adalah beasiswa KOICA (Korea International Cooperation Agency). Program KOICA merupakan beasiswa yang ditujukan untuk jenjang S2 dan S3. 

Selain itu, beasiswa KOICA dibuka untuk mahasiswa dari sejumlah negara yang masuk daftar DAC (Development Assistance Committee) dari penerima ODA (Official Development Assistance). 

Tahun 2023, ada 62 negara yang masuk daftar DAC, salah satunya adalah Indonesia. Sehingga, masyarakat Indonesia yang memenuhi syarat dan ingin studi lanjut pascasarjana bisa mengikuti seleksi beasiswa satu ini. 

Melalui program beasiswa KOICA, pemerintah negara Korea Selatan turut andil bagian dalam mengembangkan kualitas SDM di sejumlah negara berkembang. Sehingga, Korea Selatan turut mendorong perkembangan sosial ekonomi di berbagai negara di dunia. 

Baca Juga : Beasiswa GKS 2023, Beasiswa S1, S2, dan S3 Ke Korea Selatan

Cakupan Beasiswa yang Akan Didapatkan

Beasiswa KOICA tentu menarik untuk didapatkan karena program beasiswa ini bersifat penuh/fully funded. Pasalnya, beasiswa satu ini mencakup tidak hanya biaya pendidikan ke universitas Korea Selatan yang dituju, melainkan juga mencakup biaya hidup.

Para penerima KOICA akan mendapatkan tunjangan sebesar 1 juta Korea Won. Penerima nantinya juga mendapatkan fasilitas asuransi gratis selama menempuh pendidikan pascasarjana lewat program ini. Selain itu, penerima akan mendapat fasilitas akomodasi atau tempat tinggal juga disediakan oleh pihak penyelenggara.

Lewat cakupan dan fasilitas ini, maka para penerima beasiswa bisa lebih fokus dalam belajar agar lulus tepat waktu. Tidak heran jika program beasiswa satu ini cukup diminati, apalagi kualitas pendidikan di Korea Selatan memang dikenal maju sekaligus unggul. 

Pilihan perguruan tinggi atau universitas di dalam program beasiswa tahun ini juga cukup beragam. Ada total 12 perguruan tinggi bisa dipilih dengan 12 program studi. Setiap universitas menyediakan pilihan program studi berbeda. Jadi, silakan cek dengan seksama. 

Persyaratan Umum 

Lalu, apa saja persyaratan untuk bisa mengikuti seleksi beasiswa KOICA 2023? Melalui panduan dari pihak penyelenggara, para calon kandidat atau penerima wajib memenuhi beberapa persyaratan umum sebagai berikut: 

  1. Pelamar memiliki kewarganegaraan Indonesia. 
  2. Pelamar bekerja di Pemerintahan, LSM(NGO), dan Universitas. 
  3. Mendapatkan surat rekomendasi dari SETNEG 
  4. Pelamar berusia 40 tahun saat mendaftar. 
  5. Sudah lulus strata satu (S1) atau yang sederajat. 
  6. Belum pernah mengikuti beasiswa KOICA sebelumnya untuk jenjang S2. 
  7. Penerima beasiswa KOICA jenjang S2 bisa mendaftar untuk jenjang S3. 
  8. Tidak pernah membatalkan diri dari beasiswa KOICA 
  9. Memenuhi syarat pendaftaran dari universitas yang dituju. 
  10. Memiliki kemampuan Bahasa inggris yang baik secara lisan maupun tulisan.

Bagi alumni beasiswa KOICA di jenjang S2, maka berhak untuk mengikuti program beasiswa serupa untuk jenjang di atasnya, yakni jenjang S3, sehingga lulusan S2 dari program beasiswa satu ini bisa ikut seleksi lagi untuk studi lanjut jenjang S3. 

Baca Juga : Pahami Cara Mendapatkan LOA Dalam Negeri Sebelum Mendaftar Beasiswa

Persyaratan Berkas

Jika merasa memenuhi syarat umum yang dijelaskan di atas, maka bisa mulai mempersiapkan syarat administrasi program beasiswa KOICA 2023. Syarat administrasi tahun ini mencakup beberapa berkas atau dokumen berikut ini: 

  1. Formulir Pendaftaran Beasiswa KOICA 
  2. Surat rekomendasi dari SETNEG, Kementerian terkait tempat bekerja, dan atau kedutaan besar Korea untuk Indonesia. 
  3. Ijazah Transkrip Nilai 
  4. Sertifikat kemampuan bahasa inggris 
  5. Photocopy Passport 
  6. Dokumen lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan Universitas yang dipilih.

Program Studi dan Universitas

Tahun 2023, beasiswa KOICA menawarkan 12 program studi di 12 universitas terkemuka di Korea Selatan. Para pelamar program beasiswa dibebaskan untuk memilih program studi apapun di salah satu universitas yang masuk ke dalam cakupan program. Berikut detailnya: 

UniversitasProgram Studi
KDI (Korea Development Institute) SchoolEconomic Development Policy for Sustainable and Inclusive Growth
Ewha Womans University Gender Leadership 
Pukyong National University Fisheries Science
Korea Advanced Institute-Science Technology (KAIST)Social Economy 
Handong Global UniversityTechno Entrepreneurship Competency Based on ICT Convergence
Incheon National UniversityResponse to Climate Change 
Korea National University Education (KNUE)Global Education Leadership 
Hanyang University Digital Innovation 
Seoul National University Capacity Building for SOGs
Yonsei University Control of Infection Disease 
Ajou University Civil Society Leadership 
Soongsil University Digital Transformation Technology 

Pilihan program studi dan universitas untuk program beasiswa di tahun 2023 memang hanya 12 pilihan. Namun, belasan pilihan ini tentu terbilang banyak dan jika beruntung dijamin ada program studi yang sesuai untuk diambil. 

Bagi para dosen tentunya perlu memperhatikan linieritas dalam mengambil program studi saat melakukan studi lanjut. Jadi, cek dengan detail pilihan program studi di atas dan temukan yang paling sesuai. 

Baru kemudian mendaftar ke universitas dan diikuti mendaftar ke program beasiswa KOICA 2023. Tujuannya agar memiliki LoA yang tentu memperbesar peluang untuk lolos seleksi program beasiswa tersebut. 

Baca Juga : 10 Tips Menulis Motivation Letter untuk Beasiswa Keluar Negeri

Jadwal dan Deadline Pendaftaran

Lalu, kapan pendaftaran bisa dilakukan? Pendaftaran untuk program beasiswa pendidikan pascasarjana dari pemerintah Korea Selatan ini sudah resmi dibuka. Pendaftaran kemudian ditutup pada 20 Maret 2023 mendatang. 

Jadi, silahkan mengecek kembali persyaratan program secara umum dan secara administrasi. Sehingga bisa segera dipenuhi untuk kemudian bisa segera melakukan pendaftaran. Pastikan seluruh dokumen sudah siap dan terlampir dengan baik. 

Belum ada informasi mengenai detail tahap seleksi maupun jadwal seleksinya. Sebab sejauh ini, pengumuman yang disampaikan pihak Dubes Indonesia untuk Korea Selatan baru pada jadwal pendaftaran. 

Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa KOICA?

Jika merasa sudah memenuhi persyaratan dan juga sudah bisa melengkapi seluruh syarat administrasi di atas. Maka bisa segera melakukan pendaftaran. Pendaftaran dilakukan secara online. 

Silahkan rutin mengecek laman KOICA untuk menemukan tombol pendaftaran sudah tersedia atau belum. Biasanya, program besaisa jenis ini dibuka berkala untuk jenjang S2 dan S3, sehingga tidak bersamaan. 

Selain itu, untuk informasi tambahan selain mengunjungi laman resmi program beasiswa KOICA. Para calon kandidat juga bisa mengunjungi laman Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri – Kementerian Sekretariat Negara.

Jadi, silahkan rutin mengecek untuk memastikan kapan tepatnya pendaftaran untuk jenjang yang diinginkan resmi dibuka. Sehingga bisa segera mendaftar karena periode pendaftaran beasiswa KOICA di tahun 2023 rencananya akan ditutup pada 20 Maret 2023 mendatang.

Sedang mencari beasiswa untuk melanjutkan studi ke luar negeri? Baca informasi beasiswa yang sedang dibuka selengkapnya!

Program Beasiswa ACYLS 2023, Beasiswa S3 Fully Funded Ke China

Beasiswa Fulbright 2023 – 2024 Telah Dibuka!

Beasiswa Fully Funded China AUN 2023 Dibuka, Daftar Segera!

Beasiswa S3 ke Rumania Tahun 2023 Ini Patut Kamu Coba!

Info Beasiswa Turkiye Burslari 2023 [Terbaru!]

Beasiswa S2 dan S3 ke Taiwan dengan Taiwan ICDF Scholarship

Di tag : ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

DOWNLOAD EBOOK GRATIS
⚠️Hanya Bisa Didownload Selama Ramadan

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja