fbpx

SEGERA BERAKHIR! 📢 Dapatkan diskon cetak buku hingga 30% + cashback.

Terbitkan buku lebih cepat HANYA 1 BULAN? Dapatkan fasilitas VIP ini secara GRATIS! Klik di sini

Jurnal Internasional Bereputasi untuk Syarat Khusus Kenaikan Jabfung Dosen

jurnal internasional bereputasi

Salah satu agenda akademik rutin para dosen di Indonesia adalah melakukan publikasi ilmiah, baik itu dalam bentuk prosiding, jurnal, maupun menerbitkan buku. Dalam publikasi di jurnal ilmiah, maka para dosen akan mengusahakan publikasi di jurnal internasional bereputasi. 

Jurnal internasional secar agaris besar terbagi menjadi dua kategori. Yakni jurnal internasional dan jurnal internasional bereputasi. Meski sama-sama jurnal internasional, akan tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan. 

Bagi dosen yang hendak mengembangkan jenjang jabatan fungsional. Maka jurnal internasional masuk yang database bereputasi bisa dijadikan prioritas. Apalagi sesuai PO PAK 2024, riwayat di jurnal internasional tersebut menjadi syarat khusus kenaikan jabatan fungsional (jabfung). 

Jurnal Internasional Bereputasi

Dikutip melalui blog pribadi Eric Kunto Aribowo, jurnal internasional bereputasi adalah jurnal-jurnal yang terindeks dalam basis data Scopus dan Web of Science (sekarang Clarivate Analytics).

Secara umum, jurnal internasional dikatakan bereputasi ketika bisa masuk ke dalam database bereputasi juga. Database bereputasi cukup beragam. Sebut saja seperti Scopus, World of Science, Elsevier, Directory of Open Access Journals (DOAJ), dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Namun, mengacu pada PO PAK 2024, untuk memenuhi syarat khusus kenaikan jabatan fungsional dosen hanya ada dua database bereputasi yang diakui. Yakni Scopus dan World of Science (WoS) Clarivate Analytics. 

Jadi, bagi para dosen yang mengurus publikasi di jurnal internasional dengan tujuan memenuhi syarat khusus kenaikan jabfung. Perlu memprioritaskan jurnal-jurnal internasional yang terindeks di dua database tersebut. 

Jurnal internasional bereputasi memiliki kualitas dan kredibilitas yang paling tinggi. Sehingga menjadi publikasi ilmiah yang juga diakui kualitas maupun kredibilitasnya. Menembus jurnal di kategori ini memang tidak mudah. Standar yang tinggi membuat para dosen perlu menyusun artikel ilmiah dengan kualitas tinggi juga. 

Kriteria Jurnal Internasional Bereputasi

Selain harus terindeks di database bereputasi, pemenuhan syarat khusus kenaikan jabfung dosen juga harus memenuhi kriteria yang ditetapkan Ditjen Dikti. Jurnal internasional tersebut harus memenuhi kriteria sebagai jurnal internasional berkualitas. Diantaranya adalah: 

  1. Karya ilmiah yang diterbitkan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika akademik;
  2. Memiliki International Standard Serial Number (ISSN);
  3. Ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok); 
  4. Memiliki terbitan versi daring;
  5. Dewan redaksi (editorial board) adalah pakar di bidangnya paling sedikit berasal dari 4 (empat) negara;
  6. Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam 1 (satu) nomor terbitan paling sedikit penulisnya berasal dari 2 (dua) negara;
  7. Alamat jurnal dapat ditelusuri daring;
  8. Editor boards dari jurnal dapat ditelusuri daring dan tidak ada perbedaan antara editor yang tercantum di edisi cetak dan edisi daring; 
  9. Proses reviu dilakukan dengan baik dan benar; 
  10. Jumlah artikel setiap penerbitan adalah wajar dan format tampilan setiap terbitan tidak berubah ubah; dan 
  11. Tidak pernah diketemukan sebagai jurnal yang tidak bereputasi atau jurnal meragukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi tidak terdapat pada daftar jurnal/penerbit kategori yang diragukan. 

Jurnal internasional berkualitas yang memenuhi kriteria di atas, juga wajib memenuhi dua indikator yang ditetapkan Ditjen Dikti. Yaitu: 

  1. Diterbitkan oleh PT atau Penerbit (Publisher) kredibel atau asosiasi profesi internasional bereputasi, dan
  2. Terindeks oleh basis data internasional yang bereputasi (contoh: Web of Science dan Scopus) dengan SJR jurnal yang sama atau kurang dari 0,1 atau memiliki JIF WoS kurang dari 0,05.

Selain itu, jurnal internasional bereputasi yang digunakan dosen untuk memenuhi syarat khusus kenaikan jabfung juga wajib memenuhi 2 kriteria tambahan berikut ini: 

  1. Diterbitkan oleh asosiasi profesi ternama di dunia atau PT atau Penerbit (publisher) kredibel; dan
  2. Terindeks dalam basis data internasional bereputasi yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (contoh Web of Science dan/atau Scopus) dengan SJR jurnal di atas 0,1 atau memiliki JIF WoS paling sedikit 0,05. Jurnal berstatus coverage discontinued dan cancelled di Scopus/Scimagojr dapat dipertimbangkan untuk pemenuhan syarat khusus jika dapat menunjukkan bukti korespondensi proses reviu dan memiliki kualitas tulisan yang baik. 

Dalam PO PAK 2024 juga dijelaskan, bahwa publikasi di jurnal ilmiah yang dilakukan dosen saat menempuh studi tidak bisa dijadikan syarat khusus kenaikan jabfung. Seluruh publikasi yang menjadi syarat kenaikan jabfung diraih dosen ketika menjalankan tri dharma secara penuh. 

Tak hanya itu, publikasi di jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional juga tidak diperkenankan dari publisher PT asal. Jika hendak memilih publisher PT maka dosen bisa memilih publisher dari PT yang berbeda dengan tempat dosen mengabdi maupun mengenyam pendidikan tinggi. Detailnya bisa membaca PO PAK 2024 pada halaman 13-17. 

Cara Mencari Jurnal Internasional Bereputasi untuk Publikasi

Lalu, bagaimana cara mencari dan menemukan jurnal internasional bereputasi untuk kebutuhan publikasi? Mencari jurnal internasional yang bereputasi bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun, paling banyak dianjurkan adalah mencari di database bereputasi. 

Bagi para dosen yang ingin mengurus publikasi di jurnal internasional yang bereputasi sebagai syarat khusus kenaikan jabfung. Maka berikut cara mencari jurnal internasional tersebut di website resmi Scopus dan WoS Clarivate Analytics: 

1. Mencari Jurnal Internasional Bereputasi Melalui Scopus 

Scopus pada dasarnya merupakan database jurnal internasional bereputasi yang sifatnya berbayar. Namun, berlangganan perlu dilakukan ketika ingin mengakses seluruh artikel pada jurnal ilmiah yang terindeks. 

Jika ditujukan untuk mencari jurnal dan mengecek apakah suatu jurnal memang terindeks Scopus atau tidak. Maka tidak harus berlangganan, sebab Scopus menyediakan fasilitas pencarian secara gratis. 

Berikut adalah langkah-langkah mencari jurnal internasional yang bereputasi dan terindeks Scopus: 

  1. Buka browser di perangkat elektronik dan masuk ke laman resmi Scopus, yakni melalui tautan berikut https://www.scopus.com/
  2. Pada halaman utama, silahkan klik menu “Sources” yang terletak di pojok kanan atas. 
  3. Tunggu beberapa saat sampai muncul menu “Sources” tersebut. Kemudian pilih salah satu dari 4 model pencarian. Yakni berdasarkan Subject Area, ISSN, Title. atau Publisher. Anda bebas memilih model pencarian berbasis apa. Namun dalam mencari jurnal internasional yang bereputasi dengan tujuan publikasi ilmiah. Disarankan memilih Subject Area agar mendapatkan banyak rekomendasi. 
  4. Setelahnya bisa mengetik atau memilih bidang keilmuan pada kolom yang tersedia. Yakni di sebelah kanan kolom “Subject Area”. 
  5. Tunggu sampai muncul beberapa hasil pencarian, maka seluruh daftar jurnal yang ditampilkan adalah jurnal internasional yang terindeks di Scopus. Anda bisa memilih dengan beberapa pertimbangan sesuai kondisi dan kebutuhan. 
  6. Jika membutuhkan akses ke website resmi jurnal internasional tersebut. Maka pada tab baru, silahkan kunjungi website ScimagoJR, yakni di tautan https://www.scimagojr.com/
  7. Pada halaman utama, silahkan ketik ISSN yang dikopi dari laman Scopus ke kolom pencarian yang tersedia. 
  8. Tunggu beberapa saat sampai ScimagoJR menampilkan seluruh informasi jurnal internasional tersebut. Scroll ke bawah sampai menemukan pilihan “Homepage” dan silahkan klik untuk masuk ke website resmi jurnal ilmiah tersebut. 

2. Mencari Jurnal Internasional Bereputasi Melalui WoS 

Cara kedua mencari jurnal internasional bereputasi adalah melalui website resmi WoS. Prinsipnya sama seperti pencarian jurnal pada laman Scopus yang sudah dijelaskan sebelumnya. Berikut detail langkah-langkahnya: 

  1. Buka browser di perangkat elektronik dan masuk ke laman resmi WoS, yakni melalui tautan berikut https://mjl.clarivate.com/home
  2. Pada halaman utama, silahkan ketik kata kunci pencarian baik berdasarkan nomor ISSN, judul atau nama jurnal, atau bidang keilmuan (subject area). Selanjutnya, tekan tombol “Enter” di keyboard perangkat. 
  3. Tunggu beberapa saat sampai WoS menampilkan hasil pencarian. Klik nama jurnal yang dirasa sesuai untuk mengakses informasi lebih lanjut. Pada tahap ini, bagi pemilik akun berbayar disediakan akses ke website resmi jurnal. Namun, untuk akun gratis tidak ada fitur ini. Silahkan mengakses website resmi jurnal menggunakan laman ScimagoJR. 
  4. Pada tab baru, silahkan masuk ke website ScimagoJR melalui tautan berikut https://www.scimagojr.com/
  5. Pada kolom pencarian, silahkan masukan nomor ISSN yang dikopi dari website WoS di tahap sebelumnya. 
  6. Tunggu beberapa saat sampai seluruh informasi jurnal ilmiah tersebut ditampilkan oleh sistem di ScimagoJR. 
  7. Scroll ke bawah dan temukan pilihan “Homepage”, silahkan di klik untuk otomatis terhubung ke website resmi jurnal ilmiah tersebut. 

Pencarian melalui website resmi Scopus dan WoS akan membantu menemukan jurnal internasional bereputasi. Silahkan cek status jurnal apakah discontinued atau canceled di website database bereputasi tersebut. Sebab, jurnal yang dipilih idealnya masih terdata di database, bukan jurnal discontinued maupun canceled. 

Cara Cek Jurnal Internasional Bereputasi

Lalu, bagaimana cara cek jurnal internasional bereputasi? Pada dasarnya, pengecekan sama seperti tata cara mencari jurnal internasional yang bereputasi. Dimana sudah dijelaskan di atas. 

Anda bisa mengunjungi website resmi Scopus maupun WoS, kemudian mengecek jurnal apa saja yang sudah terindeks di dalamnya. Jika sudah memiliki jurnal yang dipilih. Maka cek apakah nama jurnal tersebut masuk ke dalam database Scopus maupun WoS. 

Jika memang sistem di Scopus dan WoS menampilkan nama jurnal tersebut. Maka artiya, jurnal berstatus terdata atau masuk kategori jurnal internasional yang bereputasi. Anda bisa menjadikannya pilihan untuk mengurus publikasi sebagai syarat khusus kenaikan jabfung dosen.

Daftar/Contoh Jurnal Internasional Bereputasi

Dikutip melalui website resmi Scopus dan juga WoS, berikut adalah beberapa daftar dan contoh jurnal internasional bereputasi: 

Nama Jurnal ISSN Publisher 
Agrikultur
ACS AGRICULTURAL SCIENCE & TECHNOLOGY2692-1952AMER CHEMICAL SOC, Washington, Amerika Serikat
AFRICAN JOURNAL OF AGRICULTURAL AND RESOURCE ECONOMICS-AFJARE
1993-3738
AFRICAN ASSOC AGRICULTURAL ECONOMISTS, Nairobi, Kenya
AGRICULTURAL AND FOOD ECONOMICS
2193-7532
SPRINGERNATURE, London, Inggris
AGRICULTURAL AND FOOD SCIENCE1459-6067 / 1795-1895SCIENTIFIC AGRICULTURAL SOC FINLAND, Lemu, Finlandia
AGRICULTURAL AND FOREST METEOROLOGY0168-1923 / 1873-2240ELSEVIER, Amsterdam, Belanda
AGRICULTURAL AND RESOURCE ECONOMICS-INTERNATIONAL SCIENTIFIC E-JOURNAL2414-584X
INST EASTERN EUROPEAN RESEARCH & CONSULTING, Ukraina
AGRICULTURAL AND RESOURCE ECONOMICS REVIEW1068-2805 / 2372-2614CAMBRIDGE UNIV PRESS, Edinburg, Inggris Raya
AGRICULTURAL ECONOMICS0169-5150 / 1574-0862WILEY, Amerika Serikat
AGRICULTURAL ECONOMICS-ZEMEDELSKA EKONOMIKA0139-570X / 1805-9295
CZECH ACADEMY AGRICULTURAL SCIENCES,Praha, Republik Ceko
AGRICULTURAL & ENVIRONMENTAL LETTERS2471-9625WILEY, Amerika Serikat
Biology
ACADEMIA JOURNAL OF BIOLOGY2615-9023 / 2815-5920PUBLISHING HOUSE SCIENCE AND TECHNOLOGY, Vietnam 
ACS CHEMICAL BIOLOGY1554-8929 / 1554-8937AMER CHEMICAL SOC, Washington, Amerika Serikat
ACS SYNTHETIC BIOLOGY2161-5063AMER CHEMICAL SOC, Washington, Amerika Serikat
ACTA CRYSTALLOGRAPHICA SECTION D-STRUCTURAL BIOLOGY2059-7983INT UNION CRYSTALLOGRAPHY, Chester, Inggris
ACTA CRYSTALLOGRAPHICA SECTION F-STRUCTURAL BIOLOGY COMMUNICATIONS2053-230XINT UNION CRYSTALLOGRAPHY, Chester, Inggris
ADDICTION BIOLOGY1355-6215 / 1369-1600WILEY, Amerika Serikat
ADVANCED STUDIES IN BIOLOGY1313-9495 / 1314-7668HIKARI LTD, Bulgaria
ADVANCES IN CANCER BIOLOGY-METASTASIS2667-3940ELSEVIER, Amsterdam, Belanda
ADVANCES IN HUMAN BIOLOGY2321-8568 / 2348-4691WOLTERS KLUWER MEDKNOW PUBLICATIONS , Mumbai, India
ALGORITHMS FOR MOLECULAR BIOLOGY1748-7188BMC, London, Inggris
Bisnis dan Manajemen 
ABACUS-A JOURNAL OF ACCOUNTING FINANCE AND BUSINESS STUDIES0001-3072 / 1467-6281WILEY, Amerika Serikat
ACCESS-ACCESS TO SCIENCE BUSINESS INNOVATION IN THE DIGITAL ECONOMY2683-1007ACCESS PRESS PUBLISHING HOUSE, Veliko Tarnovo, Bulgaria
ACCOUNTING AND BUSINESS RESEARCH0001-4788 / 2159-4260ROUTLEDGE JOURNALS, Inggris
AFRICAN JOURNAL OF BUSINESS ETHICS1817-7417 / 0976-3600SUNJOURNALS, Afrika Selatan 
AMERICAN BUSINESS LAW JOURNAL0002-7766 / 1744-1714WILEY, Amerika Serikat
AMERICAN JOURNAL OF BUSINESS1935-519X / 1935-5181EMERALD GROUP PUBLISHING LTD, Inggris
APPLIED STOCHASTIC MODELS IN BUSINESS AND INDUSTRY1524-1904 / 1526-4025WILEY, Amerika Serikat
ASIAN BUSINESS & MANAGEMENT1472-4782 / 1476-9328PALGRAVE MACMILLAN LTD, Inggris
ASIAN JOURNAL OF BUSINESS AND ACCOUNTING1985-4064 / 2180-3137UNIV MALAYA, FAC BUSINESS & ACCOUNTANCY , UNIB MALAYA, Kuala Lumpur, Malaysia
ASIA PACIFIC BUSINESS REVIEW1360-2381 / 1743-792XROUTLEDGE JOURNALS, TAYLOR & FRANCIS LTD, Inggris
Engineering (Teknik) 
ENGINEERING2095-8099 / 2096-0026ELSEVIER, Amsterdam, Belanda
ACM TRANSACTIONS ON SOFTWARE ENGINEERING AND METHODOLOGY1049-331X / 1557-7392ASSOC COMPUTING MACHINERY, New York, Amerika Serikat 
ACS ENGINEERING AU2694-2488AMER CHEMICAL SOC, Washington, Amerika Serikat
ACS ES&T ENGINEERING2690-0645AMER CHEMICAL SOC, Washington, Amerika Serikat
ACS SUSTAINABLE CHEMISTRY & ENGINEERING2168-0485AMER CHEMICAL SOC, Washington, Amerika Serikat
ACTA TECHNICA NAPOCENSIS SERIES-APPLIED MATHEMATICS MECHANICS AND ENGINEERING1221-5872 / 2393-2988TECHNICAL UNIV CLUJ-NAPOCA, FAC MACHINE BUILDING DEPT SYSTEMS ENG, Romania
ADVANCED BIOMEDICAL ENGINEERING2187-5219JAPANESE SOC MEDICAL & BIOLOGICAL ENGINEERING , JAPANESE SOC MEDICAL & BIOLOGICAL ENGINEERING, Tokyo, Jepang 
ADVANCED ENGINEERING INFORMATICS1474-0346 / 1873-5320ELSEVIER, Amsterdam, Belanda
ADVANCED ENGINEERING MATERIALS
1438-1656 / 1527-2648

WILEY-V C H VERLAG GMBH, Weinheim, Jerman. 
ADVANCED INDUSTRIAL AND ENGINEERING POLYMER RESEARCH2542-5048KEAI PUBLISHING LTD, China
Ilmu Komputer
ACM SIGCOMM COMPUTER COMMUNICATION REVIEW0146-4833 / 1943-5819ASSOC COMPUTING MACHINERY, New York, Amerika Serikat 
ACM TRANSACTIONS ON COMPUTER-HUMAN INTERACTION1073-0516 / 1557-7325ASSOC COMPUTING MACHINERY, New York, Amerika Serikat 
ACM TRANSACTIONS ON COMPUTER SYSTEMS0734-2071 / 1557-7333ASSOC COMPUTING MACHINERY, New York, Amerika Serikat
ACM TRANSACTIONS ON MODELING AND COMPUTER SIMULATION1049-3301 / 1558-1195ASSOC COMPUTING MACHINERY, New York, Amerika Serikat
ADVANCES IN ELECTRICAL AND COMPUTER ENGINEERING1582-7445 / 1844-7600UNIV SUCEAVA, FAC ELECTRICAL ENG , UNIV SUCEAVA, FAC ELECTRICAL ENG, Romania

Sebagai informasi tambahan, daftar jurnal internasional bereputasi tersebut dicek melalui website resmi Scopus dan WoS pada September 2024. Berhubung Scopus dan WoS secara rutin melakukan “audit” untuk jurnal yang terindeks. Sehingga ada beberapa yang nantinya discontinued maupun canceled. 

Maka untuk memilih jurnal internasional sebagai tempat mempublikasikan artikel ilmiah. Para dosen bisa mengecek langsung ke website kedua database ini. Sehingga mendapat daftar jurnal terbaru dan bukan discontinued maupun canceled. 

Jika memiliki pertanyaan atau ingin sharing pengalaman berkaitan dengan topik dalam artikel ini. Jangan ragu menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share agar informasi dalam artikel ini tidak berhenti di Anda saja. Semoga bermanfaat.